WARTA | NASIONAL

DAMPAK COVID 19, GERAKAN POTENSIAL DESA SEBAGAI PENYANGGAH PEREKONOMIAN NASIONAL.

SKIH / ISTIMEWA

DAMPAK COVID 19, GERAKAN POTENSIAL DESA SEBAGAI PENYANGGAH PEREKONOMIAN NASIONAL.

Oleh : KP Norman Hadinegoro,SE.MM.
Direktur Eksekutif Pemerhati Kebijakan Masyarakat Pedesaan- JAKARTA CENTRE PERNUSA.

Kita akan dihadapkan resesi ekonomi akibat Covid 19 akan terjadi PHK besar besaran maka masyarakat perkotaan berasal dari desa akan kembali kedesanya.

Di masa pandemi saat ini, perekonomian pedesaan mengalami pukulan seharusnya perekonomian pedesaan dapat menjadi penyanggah perekonomian.
Maka dari itu pemerintah berusaha bagaimana caranya agar perekonomian di desa tetap berjalan terus dan berkembang.

Presiden dalam rapat terbatas pada tanggal 24 September 2020 kemarin menyampaikan bahwa kondisi ini dapat menjadi momentum untuk melakukan reformasi dan merencanakan strategi besar untuk mendukung ekonomi, termasuk perekonomian desa.

"Pandemi covid 19 menjadi momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi, juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa," ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi mengarahkan agar setiap desa dapat mengembangkan potensi lokalnya dalam rangka memperkuat daya ungkit ekonomi desa. Penduduk desa harus diberikan ruang untuk partisipasi dan kreasi dalam memajukan sektor unggulan desa seperti pada sektor yang dapat mempercepat pemulihan perekonomian misalnya pertanian, wisata desa, hingga industri hasil pedesaan.

Diharapkan Kementrian, Lembaga, BUMN keuangan, BPN/Agraria memberikan fasilitasi serta diberikan akses kemudahan permodalan, teknologi, keterampilan. Juga di dorong kerja sama tanah milik PERHUTANI juga dapat dipinjam pakai untuk usaha rempah2,pertanian dengan menggandeng investor " tandasnya.

Gerakan potensial Desa antara lain Kebijakan Ketahanan Ekonomi, Kebijakan pengembangan Wilayah, Kebijakan SDM, Kebijakan Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, Kebijakan Infrastruktur, Kebijakan Lingkungan Hidup, serta Kebijakan Polhukhankam dan Pelayanan Publik.

Gerakan potensial Desa merupakan salah satu program untuk pembedayaan masyarakat di pedesaan. Gerakan ini memberikan peluang kepada masyarakat desa agar mulai bercocok tanam, menanam tanaman rempah-rempah, buah buahan dapat meningkatkan ekspor keluar negeri tandas

Potensial pedesaan dapat meningkatkan ketahanan ekonomi terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini. Gerakan ini juga mendukung program padat karya tunai yang sedang digencarkan oleh pemerintah.

Pembangunan potensial Desa pengelolaannya bersama melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),BUMD dan BUMN.

Semoga gerakan ini dapat mengembangkan masyarakat desa dapat kembali membangkitkan perekonomian nasional.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending