WARTA | LIPUTAN KHUSUS

Bakamla RI Hadir di Perairan Perbatasan Indonesia

SKIH / ISTIMEWA

Bakamla RI Hadir di Perairan Perbatasan Indonesia

Jakarta, 8 Oktober 2020 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) --- Dalam kaitannya penegakan hukum di perairan perbatasan Indonesia, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. mengatakan bahwa Bakamla RI hadir di perairan perbatasan, dalam usaha mengisi kekosongan gelar unsur operasi laut.

"Bakamla RI berusaha hadir dalam mengamankan perairan di perbatasan Indonesia", ujarnya dalam kesempatan sebagai narasumber dalam web seminar (webinar) yang digagas oleh Center for Sustainable Ocean Policy Law (CSOP), Fakultas Hukum Universitas Indonesia, di Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020).

Dalam webinar yang mengambil tema "Penegakan Hukum di Perairan Perbatasan Indonesia" ini, Laksdya TNI Aan Kurnia berkesempatan untuk memaparkan Praktik Penegakan Hukum di Laut Indonesia, khususnya yang dilakukan oleh Bakamla RI. Gambaran tentang ancaman dan statistik keamanan laut sepanjang tahun 2020 ini turut dibeberkan. Isu – isu terkini yang perlu mendapat perhatian di laut perbatasan, serta yang telah dilakukan dan perlu dilakukan terkait dengan keamanan perbatasan laut juga disampaikan.

Lebih lanjut, konsep strategi harmonisasi instansi terkait dalam penegakan hukum di laut perbatasan, dan rekomendasi tindak lanjut keamanan laut perbatasan juga dikupas tuntas oleh pejabat tinggi berbintang tiga tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, webinar yang digagas oleh salah satu perguruan tinggi bergengsi di Indonesia ini, juga turut mengundang narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya. Sebut saja Direktur Hukum dan Perjanjia Kewilayahan, Kementerian Luar Neger Bebeb Abdul Kurnia, yang membahas Tantangan Diplomasi Delimitasi Perbatasan Maritim dan Penegakan Hukum di Perairan Perbatasan yang Belum Disepakati.

Direktur Pemantauan dan Operasi Armada PSDKP KKP Ipunk Nugroho Saksono, A.Pi., M.Sc., yang membahas tentang Tantangan Penegakan Hukum Perikanan di Kawasan Perbatasan Laut Indonesia. Kepala Dinas Hukum TNI AL Laksma Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D. juga turut dihadirkan, yang membahas tentang Pertahanan dan Keamanan Negara di Kawasan Perairan Perbatasan Laut.

Kegiatan ini turut dipandu langsung ketua CSOP, Arie Afriansyah, Ph.D. dari Fakultas Hukum Universitas selaku moderator.
.
Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending