WARTA | HANKAM

Bakamla RI Resmi Kukuhkan Rapala di Banyuwangi

SKIH / ISTIMEWA

Bakamla RI Resmi Kukuhkan Rapala di Banyuwangi

Banyuwangi, 7 Oktober 2020 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melalui Direktorat Kerja Sama secara resmi mengukuhkan 50 Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala), di Auditorium Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, Rabu (7/10/20).

Prosesi upacara peresmian Rapala Bakamla RI di Banyuwangi ditandai dengan penyerahan bendera Rapala berkelirkan logo Bakamla yang dibalut padi. Logo ini melambangkan kesejahteraan organisasi Bakamla RI atas pembentukan Rapala. Secara simbolis, Bendera Rapala diserahkan oleh Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E., kepada dua orang perwakilan relawan. Lebih lanjut, jaket Rapala juga dibagikan kepada seluruh peserta. Hal itu terlihat menambah bangga jiwa-jiwa Relawan Penjaga Laut Nusantara.

Laksma Bakamla Retiono Kunto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan Rapala di Kabupaten Banyuwangi ini dilatarbelakangi oleh adanya permintaan kelompok masyarakat Pengawas Benteng Samudera Kabupaten Banyuwangi dan maraknya pelanggaran tindak pidana di perairan Banyuwangi, kecelakaan di laut serta kerusakan ekosistem laut.

Sebelumnya, Rapala di Banyuwangi ini telah melalui pelatihan Basic Safety Training-Kapal Layar Motor, dan pelatihan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30 Mil yang pernah dilakukan Bakamla RI pada tahun 2018 di Kecamatan Muncar.

Ditambahkannya pula, tugas Rapala Bakamla RI ini adalah membantu pelaksanaan penjagaan, pengawasan, dan pencegahan pelanggaran hukum di wilayah perairan Banyuwangi di bawah koordinasi Bakamla RI.

Selain itu dijelaskan, relawan yang sudah dibentuk juga membantu tugas Bakamla RI dalam hal menjaga keamanan dan keselamatan di laut dengan cara pertolongan terbatas pada kecelakaan laut dan memberi informasi.

"Dan tugas Rapala yang paling penting adalah menjaga nama baik Bakamla RI, menjadi inspirator dalam keamanan dan keselamatan serta membantu percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat pesisir," tandas Laksma Bakamla Retiono.

Pengukuhan Rapala oleh Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Retiono dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi Mujiono, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono, Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Kepala Hary Cahyo Purnomo, M.Si, Wakapolresta Banyuwangi, Perwakilan BNPP, dan Forkopimda Banyuwangi.

Di hari yang sama sebelum pembentukan Rapala, Laksma Bakamla Retiono berkesempatan berkunjung ke kantor Bupati Banyuwangi. Dalam pertemuan tersebut Laksma Bakamla Retiono disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi Mujiono. Adapun maksud pertemuan tersebut adalah untuk menyampaikan rencana pembentukan Rapala Bakamla RI di Banyuwangi dan perlunya bersinergi dengan Kabupaten Banyuwangi dalam pembinaan dan pengawasan serta pengerahan Rapala Bakamla RI seperti dukungan pelatihan supaya Rapala Bakamla RI semakin besar dan maju dalam membantu pemerintah menjaga Keamanan dan Keselamatan di perairan Banyuwangi.

Autensifikasi : Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending