WARTA | HANKAM

Bakamla RI Siap Berikan Akses Data Pemeriksaan BPK RI Tahun 2020

SKIH / ISTIMEWA

Bakamla RI Siap Berikan Akses Data Pemeriksaan BPK RI Tahun 2020

Jakarta, Kamis 3 Desember 2020 (Humas Bakamla RI/PR Indonesia Coast Guard)--- "Kepada seluruh jajaran Bakamla RI kita harus terbuka dan serius menghadapi tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, yang diinginkan (tim BPK RI) kita harus 100% berikan dan siap membantu dalam pemberian data pemeriksaan. Kami yakin BPK RI ini bekerja sesuai dengan Undang-undang yang mengaturnya".

Demikian dikatakan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dalam pembukaan acara Entry Meeting Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Bakamla RI tahun 2020 di Aula 2 Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/20).

Menurut Laksdya Aan, pihaknya ingin berubah. "Jangan sampai kami yang akan dibesarkan tetapi dasar kami didalamnya tidak kuat dan mudah-mudahan di tahun 2020 ini bisa berubah sesuai dengan keinginan pemerintah dan keluarga besar Bakamla RI. Kami sangat welcome dan sangat siap untuk bekerja sama apa yang dibutuhkan oleh tim BPK RI", katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, perlu kami laporkan bahwa kami sudah berupaya maksimal di tahun 2020 ini dan banyak upaya-upaya dan terobosan yang telah kami laksanakan. Pada tahun 2020 ini banyak juga kegiatan-kegiatan yang menonjol yang perlu kami sampaikan kepada tim BPK RI selain masalah tekad kami keluarga besar Bakamla RI merubah opini menjadi lebih baik. Kami komitmen bersama ingin merubah opini di Bakamla RI, sebagai pengingat telah kami pasang banner besar bahwa kami akan merubah opini menjadi WTP begitu juga standing banner. “Dalam perjalanannnya kami mohon support, bantuan dan arahannya semoga apa yang sudah kita laksanakan merubah opini di Bakamla RI,” tuturnya.

Sementara itu Novy G. A. Pelenkahu, M.B.A., Ak., CSFA., Auditor Utama Keuangan Negara I BPK RI, selaku penanggung jawab pemeriksaan interim LK Bakamla tahun 2020 mengatakan, pemeriksaan yang akan dilakukan BPK RI adalah pemeriksaan atas laporan keuangan yang secara rutin dilakukan setiap tahun. Dan bertujuan untuk memberikan pemahaman atas sistem pengendalian internal atas pelaporan keuangan atau Internal Control Over Financial Reporting (ICOFR), memutakhirkan profil risiko entitas dan melakukan pemetaan dan penilaian risiko terkait dengan penyusunan laporan keuangan Bakamla RI tahun anggaran 2020, menilai dampak hasil pemantauan tindak lanjut atas pemeriksaan sebelumnya terhadap LK tahun 2020, melakukan pengumpulan data terkait pelaksanaan kegiatan belanja Bakamla tahun 2020 dan menyaksikan perhitungan fisik persediaan akhir tahun dan terakhir penyusunan perencanaan pemeriksaan laporan keuangan Bakamla tahun 2020.

“Ada empat lingkup pemeriksaan yakni siklus penganggaran, siklus kas di bendahara pengeluaran, siklus pendapatan dan belanja serta beban, siklus pengelolaan BMN dan siklus pertanggungjawaban keuangan dan pelaporan keuangan,” jelas Novy.

Novy berharap, dalam setiap pemeriksaan harus dibangun komunikasi yang efisien dan efektif diseluruh proses pemeriksaan, supaya proses pemeriksaan berjalan dengan lancar dan hasil pemeriksaan dapat dimengerti dan ditindaklanjuti oleh pihak yang bertanggung jawab atau pemangku kepentingan tersebut.

Pada akhir acara, Novy menyerahkan Surat Tugas pemeriksaan Laporan Keuangan Bakamla RI tahun 2020 kepada Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Acara Entry Meeting Pemeriksaan Interim LK Bakamla Tahun 2020 dihadiri seluruh Pejabat Tinggi Mabes Bakamla RI.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr. Hanla.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending