Tim Ekonomi Kabinet Kerja Jauh Dari Corak Kerakyatan
FOTO : ISTIMEWA

Tim Ekonomi Kabinet Kerja Jauh Dari Corak Kerakyatan

Oleh : Redaksi | suratkabarindonesiahebat.com/ | 27 September 2017 13:46:59 WIB

SKIH. Presiden Jokowi diminta mengembalikan Tim Ekonominya kepada ekonom Rizal Ramli. Soalnya, kini perekono­mian Indonesia dinilai malah jauh dari harapan rakyat.

Hal ini dinyatakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Rakyat Indonesia (Serindo) Jones Batara Manurung. Menurutnya, politik kerakyatan yang didengungkan Jokowi melalui Tri Sakti dan Nawa Cita ternyata malah jauh dari rakyat.

Padahal, lanjutnya, politik kerakyatan harus sejalan denganekonomi kerakyatan, seba­gaimana diharapkan masyarakat dengan janji-janji Jokowi pada Pilpres 2014 lalu.

"Presiden butuh tim ekonomi yang beridentitas profesional progresif yang dapat memecah­kan kebuntuan tata kelola ekonomi yang masih dikuasai segelintir kelompok," tutur Jones.

Dia mengungkapkan, model ekonom seperti Rizal Ramli (RR) dapat menjadi salah satu yang bisa diharapkan dalam tim ekonomi yang memiliki kapasitas dan keberanian (pro­fesional progresif) dalam misi pembangunan kembali ekonomi kerakyatan.

Dijelaskannya, RR memang sudah pernah terlibat di Kabinet Kerja Presiden Jokowi, namun sayangnya keluar tanpa reserve dari Kabinet Kerja.

"Karakter layaknya seorang aktivis progresif, yang suka "ngepret" membuat seorang Rizal harus digeser karena diang­gap "mengganggu" kepentingan pihak tertentu," ujar Jones.

Dikatakan Sekjen Relawan Duta Jokowi ini, dengan Tim Ekonomi yang berjiwa kerakyatan (profesional progresif), sebe­narnya dapat menjadi stimu­lant upaya penuntasan agenda Jokowi sebagaimana janjinya pada masa kampanye. Tim terse­but diharapkan dapat membuka jalan yang lebih mudah untuk periode kedua Jokowi.

"Tim Ekonomi profesional progresif ini bertugas memban­gun kembali fondasi sistem ekonomi kerakyatan Indonesia untuk bisa menying­kirkan politik identitas dan memenangkan politik kerakyatan," jelasnya.

Direktur Eksekutif Nasional Rumah Tani Indonesia (RTI) ini juga menilai sosok RR saat menjabat menteri di Kabinet Kerja memberi corak tersendiri. Dia merupakan sosok yang be­rani berbeda pendapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt.

Terkait kontrak freeport, RR juga berseberangan den­gan Sudirman Said saat itu. Demikian pula dengan kebi­jakan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta tentang reklamasi Teluk Jakarta, Rizal Ramli juga berse­berangan. [RMOL.CO]"; ?>

Komentar Berita

SKIH Terkini
MARINIR KIRIM TIM SAR KE DANAU TOBA

Selasa, 19 Juni 2018 - 17:01:23 WIB

MARINIR KIRIM TIM SAR KE DANAU TOBA

MARINIR KIRIM TIM SAR KE DANAU TOBA Marinir kirim TIm SAR Kapal Tenggelam KM. Sinar Bangun di Tiga Ras Simalungun Danau Toba.Tim Berangkat dari Yonmarhanlan I Belawan , Selasa (19/6/18) Sekitar pukul. 00.20 WIB dipimpin lansung Lettu Mar Lontung Rumapea. "Jumlah Tim 24

Personel TMMD Ke 102 Probolinggo Bermalam di Rumah Warga

Selasa, 19 Juni 2018 - 16:10:05 WIB

Personel TMMD Ke 102 Probolinggo Bermalam di Rumah Warga

Personel TMMD Ke 102 Probolinggo Bermalam di Rumah Warga Probolinggo (19/6) - Anggota TNI yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke 102 Probolinggo selama satu bulan kegiatan berlangsung akan bermalam di rumah warga. Rumah-rumah warga tersebut sudah ditinjau dan meminta restu yang memiliki rumah agar

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018

Selasa, 19 Juni 2018 - 16:05:56 WIB

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018 Jakarta, 18 Juni 2018-- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Karya Bhakti dan Komsos pada acara Peh Cun Festival 2018 dengan tema

Yonif MR 413 Kostrad Ikut Membantu Kelancaran Arus Balik Mudik

Selasa, 19 Juni 2018 - 14:16:05 WIB

Yonif MR 413 Kostrad Ikut Membantu Kelancaran Arus Balik Mudik

Yonif MR 413 Kostrad Ikut Membantu Kelancaran Arus Balik Mudik (Penkostrad. Selasa, 19 Juni 2018). Dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di bulan ramadhan dan menjaga keamanan selama mudik lebaran tahun ini anggota Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Kostrad bersinergi dan

Mudik Lebaran, Yonif Para Raider 503 Kostrad Sediakan Rest Area

Selasa, 19 Juni 2018 - 13:36:39 WIB

Mudik Lebaran, Yonif Para Raider 503 Kostrad Sediakan Rest Area

Mudik Lebaran, Yonif Para Raider 503 Kostrad Sediakan Rest Area (Penkostrad. Selasa, 19 Juni 2018). Menghadapi arus balik Hari Raya Idhul Fitri 1439 H tahun 2018, Yonif Para Raider 503 kostrad menyediakan tempat peristirahatan atau rest area bagi para pemudik yang melintas di Jl. Gajah Mada,