TNI-Polri Kembali Evakuasi Ratusan Warga Tembagapura
FOTO : ISTIMEWA

TNI-Polri Kembali Evakuasi Ratusan Warga Tembagapura

Oleh : Redaksi | suratkabarindonesiahebat.com/ | 20 November 2017 12:05:54 WIB

SKIH. Jakarta, CNN Indonesia -- Satgas Penanggulangan Kelompok Bersenjata (KKB) yang merupakan gabungan aparat TNI dan Polri kembali mengevakuasi ratusan warga kampung Banti, distrik Tembagapura, Mimika, menuju ke Timika, Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan ratusan warga tersebut akan tiba di Timika, Senin (20/11) sekitar pukul 13.00 WIT dengan menggunakan 12 unit bus yang dikawal ketat anggota Satuan Tugas Penanganan KKB.

"Relokasi sementara ini dilakukan karena beberapa alasan seperti pelayanan kesehatan, layanan pendidikan yang tidak berjalan, ketersediaan logistik dan penanganan psikis akibat tindakan KKB kepada masyarakat," kata Boy seperti dikutip Antara.

Menurutnya, semua hal terkait kesiapan evakuasi telah dikoordinasikan dengan Pemkab Setempat termasuk persoalan pendidikan anak-anak yang dievakuasi nanti.

Ia berharap proses evakuasi dapat berjalan dengan lancar dan ketika warga yang dievakuasi tiba di Timika dapat ditangani dengan baik untuk pemulihan kondisi kesehatan dan psikis warga.

Lihat juga: Panglima TNI Beri Pangkat Luar Biasa 58 Prajurit Penumpas KKB

Pada Sabtu (18/11), Satgas telah memindahkan 344 warga non-Papua yang tinggal di kampung Kimbeli ke Timika dengan menggunakan 10 unit.

Warga yang dievakuasi kemudian diserahkan dari pihak Kepolisian kepada Pemkab setempat dan seterusnya diserahkan kepada masing-masing ketua paguyuban untuk pemulangan mereka ke rumah masing-masing.

"Pada intinya kami lihat kondisi mereka baik meskipun di antara mereka ada yang mendapat perawatan kesehatan," ujar Boy.

Singkirkan Buldoser

Satgas juga memperbaiki akses jalan raya Tembagapura menuju Kampung Banti dan Kimbeli yang dirusak kelompok kriminal bersenjata beberapa waktu lalu.

Menurut Boy, sejumlah titik jalan yang dirusak oleh KKB telah diperbaiki atau ditambal agar kendaraan roda empat bisa masuk ke Kimbeli dan Banti untuk membawa bahan kebutuhan pokok bagi warga yang memilih tetap bertahan di lokasi itu.

"Jalan yang rusak dalam beberapa hari ini akan dilakukan perbaikan. Satgas terpadu dibantu oleh PT Freeport melakukan perbaikan jalan yang dirusak dan dibolongi," jelas Kapolda.

Boy mengatakan terdapat tiga titik di ruas jalan yang menghubungkan Tembagapura menuju Kimbeli dan Banti yang dibongkar dengan cara digali dengan peralatan buldoser salah satu perusahaan kontraktor atas intimidasi oleh KKB.

Tidak hanya merusak akses jalan, kelompok separatis bersenjata itu kemudian membakar alat berat tersebut lalu meletakkannya ditengah badan jalan guna menghalangi akses kendaraan menuju Kimbeli dan Banti.

"Buldoser yang mereka bakar sudah kita singkirkan. Buldoser itu mereka letakan di tengah jalan dengan cara dilintangkan. Itulah perbuatan mereka," kata Boy.

Mantan kadiv Humas Polri itu mengatakan ruas jalan Tembagapura menuju Kimbeli dan Banti berkonstruksi bebatuan yang dipadatkan, bukan jalan beraspal. [CNNINDONESIA.COM]"; ?>

Komentar Berita

Logis Terkini
Humas Bakamla RI Gelar Pameran di Gedung Proklamasi

Sabtu, 16 Desember 2017 - 06:10:04 WIB

Humas Bakamla RI Gelar Pameran di Gedung Proklamasi

Humas Bakamla RI Gelar Pameran di Gedung Proklamasi Jakarta, 15 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Sebagai bagian dari rangkaian akhir kegiatan HUT ke -3, Humas Bakamla RI menggelar pameran foto yang mengiringi acara tasyakuran di Gedung Proklamasi, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 56,

TNI AL GELAR RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN 2017

Jumat, 15 Desember 2017 - 22:35:44 WIB

TNI AL GELAR RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN 2017

TNI AL GELAR RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN 2017 Jakarta, 15 Desember 2017,TNI Angkatan Laut menggelar Rapat Kerja Teknis Pengawasan (Rakerniswas) tahun 2017, bertempat di Auditorium Denma Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/12). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI

Jumat, 15 Desember 2017 - 10:43:25 WIB

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI Jakarta, 15 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI menginjak usia ke-3 tahun. Dalam rangka memperingatinya, Bakamla RI menggelar upacara peringatan HUT ke-3 dipimpin Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., di Taman Tugu Proklamasi, Menteng,

SESKOAL PERINGATI HARI NUSANTARA

Kamis, 14 Desember 2017 - 21:40:56 WIB

SESKOAL PERINGATI HARI NUSANTARA

Seskoal,- Seluruh anggota Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparat Sipil Negara (ASN) mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2017, Rabu (13/12) di lapangan apel Seskoal, Bumi Cipulir Jakarta Selatan. 

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram

Kamis, 14 Desember 2017 - 21:33:43 WIB

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram Jakarta, 14 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI bersama TNI AL memulai Operasi khusus pengamanan rumpon illegal di Laut Seram, Kamis (14/12/2017). Dengan menggunakan kapal TNI AL KRI Soputan-923 serta