Ahli Hukum Prediksi Setya Novanto Menang Praperadilan
FOTO : ISTIMEWA

Ahli Hukum Prediksi Setya Novanto Menang Praperadilan

Oleh : Redaksi | suratkabarindonesiahebat.com/ | 27 November 2017 16:08:05 WIB

SKIH. Jakarta, CNN Indonesia -- Ahli hukum tata negara Margarito Kamis memprediksi, praperadilan yang diajukan tersangka kasus korupsi KTP Elektronik (e-KTP) Setya Novanto akan dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Menurut Margarito, persoalan prosedur pemeriksaan terhadap Novanto bisa menjadi celah Setnov lolos dalam praperadilan.

Margarito diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi ahli untuk meringankan Setya Novanto.

Margarito berpendapat, penetapan status tersangka terhadap Setya Novanto belum sesuai dengan prosedur.

"Menurut saya tidak cukup, karena sejauh yang saya tahu dia tidak pernah diperiksa sebagai calon tersangka. Karena dia tidak pernah diperiksa sebagai calon tersangka sementara MK mewajibkan dia untuk diperiksa sebagai calon tersangka," ujar Maragarito.

Dalam pemeriksaan KPK, Margarito mengaku mendapat sekitar dua pertanyaan yang dilayangkan oleh penyidik.
Ahli Hukum Prediksi Setya Novanto Menang PraperadilanPakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis (paling kanan). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dia mengatakan, pertanyaan tersebut berkaitan dengan prosedur pemeriksaan terhadap anggota DPR RI.

"Untuk memeriksa seseorang tersangka menurut keputusan MK Nomor 21 tahun 2014 mesti diperiksa dulu sebagai calon tersangka. Waktu diperiksa sebagai calon tersangka harus ada izin presiden, itu yang dijelaskan," tuturnya.

Margarito juga mempertanyakan perihal dua barang bukti yang dimiliki KPK dalam penetapan tersangka Setya Novanto. Menurut dia, bagaimana KPK mendapatkan dua barang bukti ketika pemeriksaan belum dilakukan saat itu.

Apalagi, Margarito bersikeras jika pemeriksaan terhadap anggota DPR harus melalui izin presiden."; ?>

Komentar Berita

Logis Terkini
Humas Bakamla RI Gelar Pameran di Gedung Proklamasi

Sabtu, 16 Desember 2017 - 06:10:04 WIB

Humas Bakamla RI Gelar Pameran di Gedung Proklamasi

Humas Bakamla RI Gelar Pameran di Gedung Proklamasi Jakarta, 15 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Sebagai bagian dari rangkaian akhir kegiatan HUT ke -3, Humas Bakamla RI menggelar pameran foto yang mengiringi acara tasyakuran di Gedung Proklamasi, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 56,

TNI AL GELAR RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN 2017

Jumat, 15 Desember 2017 - 22:35:44 WIB

TNI AL GELAR RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN 2017

TNI AL GELAR RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN 2017 Jakarta, 15 Desember 2017,TNI Angkatan Laut menggelar Rapat Kerja Teknis Pengawasan (Rakerniswas) tahun 2017, bertempat di Auditorium Denma Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/12). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI

Jumat, 15 Desember 2017 - 10:43:25 WIB

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI Jakarta, 15 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI menginjak usia ke-3 tahun. Dalam rangka memperingatinya, Bakamla RI menggelar upacara peringatan HUT ke-3 dipimpin Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., di Taman Tugu Proklamasi, Menteng,

SESKOAL PERINGATI HARI NUSANTARA

Kamis, 14 Desember 2017 - 21:40:56 WIB

SESKOAL PERINGATI HARI NUSANTARA

Seskoal,- Seluruh anggota Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparat Sipil Negara (ASN) mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2017, Rabu (13/12) di lapangan apel Seskoal, Bumi Cipulir Jakarta Selatan. 

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram

Kamis, 14 Desember 2017 - 21:33:43 WIB

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram Jakarta, 14 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI bersama TNI AL memulai Operasi khusus pengamanan rumpon illegal di Laut Seram, Kamis (14/12/2017). Dengan menggunakan kapal TNI AL KRI Soputan-923 serta