Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram
FOTO : ISTIMEWA

Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram

Oleh : Priyono | suratkabarindonesiahebat.com/ | 14 Desember 2017 21:33:43 WIB

SKIH. Bakamla RI dan TNI AL Gelar Operasi Khusus amankan Rumpon Di Laut Seram






Jakarta, 14 Desember 2017 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI bersama TNI AL memulai Operasi khusus pengamanan rumpon illegal di Laut Seram, Kamis (14/12/2017).


Dengan menggunakan kapal TNI AL KRI Soputan-923 serta melibatkan sejumlah personel dari Satgas 115, operasi khusus yang dilaksanakan guna mendukung Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115) ini ditujukan untuk mengangkat dan mengamankan rumpon ilegal.


Hal ini sejalan dengan penekanan yang pernah disampaikan Menteri KKP Susi Pujiastuti selaku Komandan Satgas 115 dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Satgas 115, agar mentertibkan rumpon-rumpon ilegal yang terdapat di beberapa wilayah perairan Indonesia, dikarenakan keberadaan rumpon-rumpon tersebut mengganggu aktivitas perikanan nelayan setempat.


Sebagaimana diketahui bahwa rumpon merupakan salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dilaut, baik laut dangkal maupun laut dalam dengan tujuan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitar rumpon sehingga ikan mudah untuk ditangkap. Dengan adanya rumpon-rumpon tersebut, gerombalan ikan yang seharusnya bermigrasi dari satu wilayah ke wilayah lain menjadi tertahan di titik-titik tertetu yang telah dipasangi rumpon. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi nelayan tradisional yang tidak memiliki kemampuan membuat rumpon maupun berlayar sampai ke tengah laut untuk mencari ikan.


Sebagai negara yang memiliki hak berdaulat dalam pengelolaan sumber daya alam di wilayah teritorial dan ZEE-nya, Indonesia harus melindungi hak nelayan tradisional untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam berusaha mencari ikan di wilayah perairan Indonesia. Oleh karenanya, Operasi patroli Bakamla RI hadir guna mendukung pengamanan tersebut.


Laut Sulawesi dan Laut Seram merupakan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP NRI) yang mengandung sumber daya perikanan yang cukup besar. Sejak beberapa puluh tahun yang lalu, sumber daya perikanan di wilayah ini khususnya ikan tuna dan cakalang menjadi primadona ekspor, bahkan banyak Kapal Ikan Asing (KIA) asal Philipina yang mencari ikan sampai ke wilayah ini tanpa ijin. Dari beberapa negara di kawasan, Jepang dan Philipina merupakan negara yang sudah menerapkan penggunaan rumpon secara modern dimana rumpon-rumpon tersebut telah dilengkapi dengan alat pendeteksi ikan yang dapat dimonitor dari kapal penangkapnya.


Pada Operasi Nusantara IX Bakamla RI yang digelar pada bulan Nopember dan Desember tahun lalu (2016), melalui unsur KP Orca-03 milik PSDKP-KKP dan KRI Soputan-923 milik TNI AL 2016, Bakamla RI berhasil mengamankan 34 buah rumpon ilegal yang tersebar di Laut Sulawesi, khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) yang berbatasan dengan Philipina. 


Dalam beberapa hari kedepan, KRI Soputan yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Petrus Indra Cahyadi dan tim yang tergabung dalam Satgas 115 ini diharapkan dapat mengangkat dan mengamankan sejumlah rumpon ilegal yang banyak merugikan nelayan tradisional tersebut. Sebagai salah satu anggota Satgas 115, Bakamla RI akan selalu mendukung kebijakan Pemerintah dalam pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal dan penertiban rumpon-rumpon illegal untuk mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa Indonesia.






Autentikasi :


Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

"; ?>

Komentar Berita

SKIH Terkini
MARINIR KIRIM TIM SAR KE DANAU TOBA

Selasa, 19 Juni 2018 - 17:01:23 WIB

MARINIR KIRIM TIM SAR KE DANAU TOBA

MARINIR KIRIM TIM SAR KE DANAU TOBA Marinir kirim TIm SAR Kapal Tenggelam KM. Sinar Bangun di Tiga Ras Simalungun Danau Toba.Tim Berangkat dari Yonmarhanlan I Belawan , Selasa (19/6/18) Sekitar pukul. 00.20 WIB dipimpin lansung Lettu Mar Lontung Rumapea. "Jumlah Tim 24

Personel TMMD Ke 102 Probolinggo Bermalam di Rumah Warga

Selasa, 19 Juni 2018 - 16:10:05 WIB

Personel TMMD Ke 102 Probolinggo Bermalam di Rumah Warga

Personel TMMD Ke 102 Probolinggo Bermalam di Rumah Warga Probolinggo (19/6) - Anggota TNI yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke 102 Probolinggo selama satu bulan kegiatan berlangsung akan bermalam di rumah warga. Rumah-rumah warga tersebut sudah ditinjau dan meminta restu yang memiliki rumah agar

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018

Selasa, 19 Juni 2018 - 16:05:56 WIB

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018

Lanal Bangka Belitung Laksanakan Karya Bakti dan Komsos Pada Acara Peh Cun Festival 2018 Jakarta, 18 Juni 2018-- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Karya Bhakti dan Komsos pada acara Peh Cun Festival 2018 dengan tema

Yonif MR 413 Kostrad Ikut Membantu Kelancaran Arus Balik Mudik

Selasa, 19 Juni 2018 - 14:16:05 WIB

Yonif MR 413 Kostrad Ikut Membantu Kelancaran Arus Balik Mudik

Yonif MR 413 Kostrad Ikut Membantu Kelancaran Arus Balik Mudik (Penkostrad. Selasa, 19 Juni 2018). Dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di bulan ramadhan dan menjaga keamanan selama mudik lebaran tahun ini anggota Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Kostrad bersinergi dan

Mudik Lebaran, Yonif Para Raider 503 Kostrad Sediakan Rest Area

Selasa, 19 Juni 2018 - 13:36:39 WIB

Mudik Lebaran, Yonif Para Raider 503 Kostrad Sediakan Rest Area

Mudik Lebaran, Yonif Para Raider 503 Kostrad Sediakan Rest Area (Penkostrad. Selasa, 19 Juni 2018). Menghadapi arus balik Hari Raya Idhul Fitri 1439 H tahun 2018, Yonif Para Raider 503 kostrad menyediakan tempat peristirahatan atau rest area bagi para pemudik yang melintas di Jl. Gajah Mada,