Seminar MICE STP Trisakti, Dukung Peningkatan SDM Pariwisata
FOTO : ISTIMEWA

Seminar MICE STP Trisakti, Dukung Peningkatan SDM Pariwisata

Oleh : Priyono | suratkabarindonesiahebat.com/ | 08 Mei 2018 10:28:43 WIB

SKIH. Seminar MICE STP Trisakti, Dukung Peningkatan SDM Pariwisata

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan aneka ragam wisata alam, kuliner dan budaya serta wisata buatan yang semakin menarik, saat ini obyek-obyek wisata tersebut telah menjadi tujuan wisatawan domestic maupun Mancanegara, sehingga pertumbuhan industi wisata juga meningkat cepat, dan pengembangan sektor pariwisata Indonesia juga tidak terlepas dari sektor wisata bisnis, yaitu usaha jasa MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Dan kini Pemerintah telah menempatkan MICE sebagai produk unggulan pariwisata nasional, karena berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan yang tentunya turut berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan devisa negara, hal tersebut diungkapkan Direktur Travel bisnis Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Drs Amrullah SM, M.Hum. M.Si. Par disela acara Seminar MICE di Auditorium STP Trisakti Jl. IKPN Bintaro No. 1, Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa dari hasil penelitian dari pemetaan destinasi MICE, Indonesia memiliki keunggulan di sektor incentive travel (wisata insentif). Setidaknya, dari 16 destinasi MICE yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata mayoritas memiliki potensi yang kuat di bidang wisata insentif. Di Indonesia, konsep perjalanan wisata insentif masih belum dipahami secara teknis oleh SDM pariwisata serta minim pengetahuan dan pengembangannya, begitu pula dengan pelaku usahanya. Padahal Indonesia memiliki keindahan alam luar biasa, potensi budaya beragam dan keramah-tamahan yang dapat ditawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar nasional maupun internasional.

MICE Discovery yang terdiri dari seminar dan pameran telah sukses diadakan selama empat tahun berturut-turut mulai dari 2015. Kini, mahasiswa-mahasiswi Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2014 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti hari ini menyelenggarakan Seminar “MICE DISCOVERY” yang ke-lima dengan mengangkat pembahasan mengenai peluang usaha industri MICE dalam tema “Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury” dan Seminar ini juga diharapkan akan mampu mengedukasi para SDM Pariwisata untuk memahami pentingnya pengetahuan dasar MICE, sertifikasi kompetensi yang wajib dimiliki untuk bergelut di bidang MICE, dan peningkatan strategi sukses penyelenggaraan wisata insentif maupun kebijakan terkait MICE di Indonesia, papar Amrullah.

Hal yang sama juga diungkapkan Panitia Seminar yang juga Mahasiswa STP Trisakti, Harwin, bahwa dalam Seminar MICE ini digelar disamping diikuti Mahasiswa STP Trisakti juga hadir para mahasiswa Pariwisata dari beberapa Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Jakarta, Bandung, Jogja dan Sumatera, serta hadir juga siswa-siswi SMK Pariwisata yang akan menggali ilmu MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Panitia menghadirkan pembicara Sudarno, SE., M. Si. (Akademisi dan Assesor MICE), Reitha Fariza Hanividya (Kepala Sub. Bidang Olahraga dan MICE Kementerian Pariwisata Republik Indonesia) serta Ida Bagus Lolec (Director of External Relations Pacific World Nusantara dengan Moderator Monalisa Eka Shinta S.ST, M. Par, selaku Ketua Penyelenggara yang juga Dosen STP Trisakti, paparnya.

Dalam paparannya Sudarno, SE, MM Assesor MICE selaku pembicara seminar mengungkapkan, bahwa pertumbuhan sector pariwisata di dunia mengalami peningkatan signifikan, bahkan diatas pertumbuhan ekonomi dunia, yaitu berada pada angka 4,6%, mencapai 850 juta perjalanan wisata, demikian juga di Indonesia bahwa Sektor Pariwisata saat ini mampu memberikan kontribusi pada pemasukan APBN nomor 2 setelah Kelapa Sawit, bahkan sektor Migas yang dulu berada diatas, namun saat ini dibawah sector Pariwisata.

Kalau dilihat kondisi Kelapa Sawit saat ini yang memperoleh penolakan di Eropa, karena pembukaan lahan dengan menebang hutan serta merusak ekosistem didalamnya, maka ekspor Kelapa Sawit juga akan menurun, sehingga sektor Pariwisata akan menjadi sektor unggulan dalam penerimaan APBN Indonesia, sehingga peluang kerja maupun peluang usaha bidang pariwisata semakin terbuka lebar, demikian juga industri MICE akan semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi dunia, seperti kemajuan pesat di India, China dan Korea, tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Director of External Relations Pacific World Nusantara, Ida Bagus Lolec, yang terus mendorong pada mahasiswa untuk bisa mandiri berwirausaha bidang MICE, kalau bekerja di industry MICE cukup 2 atau 3 tahun, dan anda harus berani untuk mandiri, untuk itu mahasiswa harus siap bersaing dan menghadapi setiap tantangan, bangun terus semangat berkompetisi dan kuasai setiap perkembangan yang berhubungan dengan industri MICE, harapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan panitia Dies Natalis STP Trisakti, Nur Baiti, bahwa Seminar Nasional Pariwisata ini merupakan kegiatan rutin STP Trisakti, ditahun 2018 ini kita sengaja membahas masalah MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), dalam upaya meningkatkan wasasan para Mahasiswa akan industri MICE, sebagai bagian dari Kepariwisataan, agar para mahasiswa dapat melakukan pengayaan akademis serta para mahasiswa memperoleh bekal saat nanti terjun ke dunia industri pariwisata.

Kegiatan Seminar ini juga sebagai rangkaian acara Dies Natalis maupun HUT STP Trisakti yang ke 49 tahun dan MICE kedepan diharapkan lebih besar lagi dengan skala internasional dengan menghadirkan peserta maupun pembicara dari negara-negara lain, dalam upaya membangun kerjasama pariwisata internasional dan turut mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara, kita juga berharap seluruh mahasiswa mampu meningkatkan pencapaian pembelajaran dan sarana praktik bidang MICE guna penguatan ilmu yang selama ini diperoleh di bangku kuliah STP Trisakti, papar Nur Baiti. (Pry)
"; ?>

Komentar Berita

SKIH Terkini
PATROLI JAJARAN KOARMADA I DI PERAIRAN LAMPUNG BERHASIL TANGKAP DUA KAPAL SPOB

Minggu, 27 Mei 2018 - 09:38:26 WIB

PATROLI JAJARAN KOARMADA I DI PERAIRAN LAMPUNG BERHASIL TANGKAP DUA KAPAL SPOB

PATROLI JAJARAN KOARMADA I DI PERAIRAN LAMPUNG BERHASIL TANGKAP DUA KAPAL SPOB Tingginya kasus pelanggaran hukum di laut membuat jajaran Pangkoarmada I meningkatkan kesiapan dalam penegakan hukum di laut, khususnya meningkatkan patroli di perairan wilayah Indonesia, dan pada Kamis, 24 Mei 2018

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Rindam Jaya Gelar Penataran Ranpur Anoa

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:10:33 WIB

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Rindam Jaya Gelar Penataran Ranpur Anoa

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Rindam Jaya Gelar Penataran Ranpur Anoa Kodam Jaya – Condet. Untuk meningkatkan kemampuan para pengemudi kendaraan tempur (Ranpur) Anoa di jajaran Kodam Jaya, Rindam Jaya menggelar Penataran Ranpur Anoa Triwulan II Tahun 2018. Penataran tersebut dibuka

Tinjau Pembangunan Kolam Renang Yonkav 9/SDK, Pangdam Jaya Perintahkan Untuk Selalu Profesionalisme

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:09:03 WIB

Tinjau Pembangunan Kolam Renang Yonkav 9/SDK, Pangdam Jaya Perintahkan Untuk Selalu Profesionalisme

Tinjau Pembangunan Kolam Renang Yonkav 9/SDK, Pangdam Jaya Perintahkan Untuk Selalu Profesionalisme Kodam Jaya – Tangerang. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto didampingi Kasdam, Danrem 052/Wkr dan para Asisten meninjau Asrama Batalyon Kavaleri 9/Satya Dharma

Dukung Pasokan Darah Saat Ramadhan, Koramil Penjaringan Gelar Donor Darah

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:07:04 WIB

Dukung Pasokan Darah Saat Ramadhan, Koramil Penjaringan Gelar Donor Darah

Dukung Pasokan Darah Saat Ramadhan, Koramil Penjaringan Gelar Donor Darah Kodam Jaya – Jakarta Utara. Guna memenuhi kebutuhan pasokan darah selama Ramadhan sekaligus mengantisipasi minimnya minat pendonor, Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bekerja sama dengan Kodim 0502/Jakarta Utara

Buka Puasa Kodim Dan Polres Jakarta Pusat, Eratkan Sinergitas Wujudkan Stabilitas Keamanan

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:03:48 WIB

Buka Puasa Kodim Dan Polres Jakarta Pusat, Eratkan Sinergitas Wujudkan Stabilitas Keamanan

Buka Puasa Kodim Dan Polres Jakarta Pusat, Eratkan Sinergitas Wujudkan Stabilitas Keamanan Kodam Jaya – Kemayoran. Kodim 0501/Jakarta Pusat (JP) Berdiri Sendiri (BS) dan Polres Metro Jakarta Pusat menggelar buka puasa bersama di Makodim Jl. Selaparang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat