WARTA | HIBURAN

Bekali Mahasiswa Bidang MICE, STP Trisakti Hadirkan Pembicara Pelaku Usaha, Akademisi dan Pemerintah

SKIH / ISTIMEWA

Bertempat di Auditorium Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti), pada Senin 7 Mei 2018, telah digelar Seminar Nasional Pariwisata, yang diikuti beberapa Perwakilan dari Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata dari Jakarta, Bandung, Jogja dan Sumatera, serta hadir juga para siswa-siswi SMK Pariwisata dan para Guru untuk menggali ilmu bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Hadir sebagai pembicara Sudarno, SE., M. Si. (Akademisi dan Assesor MICE), Reitha Fariza Hanividya (Kepala Sub. Bidang Olahraga dan MICE Kementerian Pariwisata Republik Indonesia) serta Ida Bagus Lolec (Director of External Relations Pacific World Nusantara dengan Moderator Monalisa Eka Shinta S.ST, M. Par, selaku Ketua Penyelenggara yang juga Dosen STP Trisakti.

Panitia Seminar yang juga Mahasiswa STP Trisakti, Harwin juga menegaskan, bahwa tema MICE dengan sub tema “Incentive Travel” ini sebagai upaya untuk membedah secara akademik tentang bisnis Incentive Travel bidang Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, dengan paparan pelaku usaha bidang MICE seperti pembicara Ida Bagus Lolec kita bisa mengetahui dengan pasti bahwa pelaku usaha bidang MICE saat ini masih sangat sedikit sementara pangsa pasarnya sangat besar, kita berharap para Mahasiswa akan terbuka wawasanya untuk berwirausaha bidang Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, dan kita juga ingin membuka wawasan bagi para siswa SMA/K akan industry pariwisata di Indonesia, khususnya bidang MICE, paparnya.

Hal yang sama juga diungkapkan panitia Dies Natalis STP Trisakti, Nur Baiti, bahwa Seminar Nasional Pariwisata ini merupakan kegiatan rutin STP Trisakti, ditahun 2018 ini kita sengaja membahas masalah MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), dalam upaya meningkatkan wasasan para Mahasiswa akan industri MICE, sebagai bagian dari Kepariwisataan, agar para mahasiswa dapat melakukan pengayaan akademis serta para mahasiswa memperoleh bekal saat nanti terjun ke dunia industri pariwisata.

Kegiatan Seminar ini juga sebagai rangkaian acara Dies Natalis maupun HUT STP Trisakti yang ke 49 tahun dan MICE kedepan diharapkan lebih besar lagi dengan skala internasional dengan menghadirkan peserta maupun pembicara dari negara-negara lain, dalam upaya membangun kerjasama pariwisata internasional dan turut mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara, kita juga berharap seluruh mahasiswa mampu meningkatkan pencapaian pembelajaran dan sarana praktik bidang MICE guna penguatan ilmu yang selama ini diperoleh di bangku kuliah STP Trisakti, papar Nur Baiti.

Sudarno, SE, MM Assesor MICE selaku pembicara seminar mengungkapkan, bahwa pertumbuhan sector pariwisata di dunia mengalami peningkatan signifikan, bahkan diatas pertumbuhan ekonomi dunia, yaitu berada pada angka 4,6%, mencapai 850 juta perjalanan wisata, demikian juga di Indonesia bahwa Sektor Pariwisata saat ini mampu memberikan kontribusi pada pemasukan APBN nomor 2 setelah Kelapa Sawit, bahkan sektor Migas yang dulu berada diatas, namun saat ini dibawah sector Pariwisata.

Kalau dilihat kondisi Kelapa Sawit saat ini yang memperoleh penolakan di Eropa, karena pembukaan lahan dengan menebang hutan serta merusak ekosistem didalamnya, maka ekspor Kelapa Sawit juga akan menurun, sehingga sektor Pariwisata akan menjadi sektor unggulan dalam penerimaan APBN Indonesia, sehingga peluang kerja maupun peluang usaha bidang pariwisata semakin terbuka lebar, demikian juga industri MICE akan semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi dunia, seperti kemajuan pesat di India, China dan Korea, tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Director of External Relations Pacific World Nusantara, Ida Bagus Lolec, yang terus mendorong pada mahasiswa untuk bisa mandiri berwirausaha bidang MICE, kalau bekerja di industry MICE cukup 2 atau 3 tahun, dan anda harus berani untuk mandiri, untuk itu mahasiswa harus siap bersaing dan menghadapi setiap tantangan, bangun terus semangat berkompetisi dan kuasai setiap perkembangan yang berhubungan dengan industri MICE, harapnya. (NK)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending