WARTA | PENDIDIKAN

Satkat Koarmada I Terima 82 Peserta BJRB

SKIH / ISTIMEWA

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Martdianus Samuel Pontoh, membuka secara resmi kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI Angkatan Laut tahun 2018, Minggu (5/8).

Sebanyak 82 peserta Bintal Juang Ramaja Bahari (BJRB) melakukan kunjungan ke Satuan Kapal Cepat Komando Armada I (Satkat Koarmada I) di Tanjung Uban.

Rombongan peserta BJRB diterima Komandan KRI Beladau-643 Letkol Laut (P) Edy Setyawan yang mewakili Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilius Arif Susbintoro.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Martdianus Samuel Pontoh mengatakan, para peserta diajak berkeliling Mako Satkat Koarmada I.

Selanjutnya mereka melihat dan menaiki kapal-kapal perang yang berada di jajaran Satkat Koarmada I diantaranya KRI Barakuda-633, KRI Beladau-643, KRI Surik-645, KRI Siwar-646 dan KRI Parang-647 yang sedang sandar di dermaga Tanjung Uban.

Ini salah satu upaya nyata TNI Angkatan Laut untuk menanamkan jiwa bahari, mengembangkan wawasan cinta tanah air serta menumbuhkan jiwa kejuangan sejak dini kepada peserta BJRB, katanya.

Lanjutnya, setelah melihat keberadaan kapal perang di bawah jajaran Satkat Koarmada I para peserta selanjutnya mengikuti pelayaran menggunakan unsur Satrol Lantamal IV yakni KRI Lepu-861, KAL Anakonda dan KAL Marapas.

Selama tiga hari peserta BJRB akan dibekali dengan berbagai ilmu tentang pembinaan mental kejuangan dan kebaharian, kesemuanya ini di arahkan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan menanamkan semangat juang serta rasa cinta bahari, sebutnya.

Kadispen menuturkan, BJRB dimaksudkan untuk mengantarkan para generasi muda untuk mengenal lebih dekat lingkungan laut.

Dengan mengenal lebih dekat, diharapkan tumbuh pemahaman akan arti penting laut bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia. Pada gilirannya akan tumbuh pula semangat dan jiwa bahari dalam setiap generasi muda.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending