WARTA | PENDIDIKAN

Mahasiswa Baru ITL Trisakti Ikuti Diklat Pendahuluan Bela Negara di Pusdiklat Zeni TNI AD Bogor

SKIH / ISTIMEWA

Mahasiswa Baru ITL Trisakti Ikuti Diklat Pendahuluan Bela Negara di Pusdiklat Zeni TNI AD Bogor

Salahsatu upaya dalam kegiatan pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) salahsatunya adalah wajib mengikuti Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, dimana mahasiswa baru dibekali dengan peningkatan kedisiplinan, kekompakan dan memiliki jiwa Korsa.

Kapusdiklat Zeni Bogor, Kol CZI Sapto Widhi Nugroho disela penutupan pendidikan pendahuluan bela negara pada Kamis 9 Agustus 2018 menjelaskan, bahwa pihaknya bersyukur bisa bekerjasama dengan ITL Trisakti untuk melaksanakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ini, karena Bela Negara sudah menjadi hak dan tanggungjawab setiap warga negara Indonesia, jadi kita sangat menerima dengan senang hati ITL Trisakti mau kerjasama mendidik mahasiswa baru ini untuk mereka diberikan pemahaman bela negara ini.

Menurut Kol Sapto, bahwa waktu 4 hari masih sangat kurang, namun dengan materi yang sudah dipadatkan, seluruh peserta telah memperoleh materi Pendahuluan Bela Negara, mulai dari pagi hingga malam hari mereka memperoleh pembekalan bela negara, agar mereka nanti sebagai generasi penerus bangsa akan siap menghadapi tantangan, karena tantangan bangsa ini kedepan sangat luar biasa, untuk itu mereka kita berikan motivasi untuk mau menjaga eksistensi bangsa dan negara.

Sebagai generasi penerus bangsa kedepan, mereka harus kita siapkan secara mental dan fisiknya untuk bisa menjaga eksistensi bangsa di mata internasional, selama disini kita berikan ilmu dasar, apa itu bela negara, bagaimana mencintai NKRI, serta menjaga sumber daya alam maupun kekayaan alam, agar mereka betul-betul memahami untuk menjadi generasi yang kuat, solid, dengan segala keberagamannya tanpa membedakan suku, ras, agama maupun kaya atau miskin, bahwa bangsa ini butuh generasi yang berwawasan kebangsaan, tegasnya.

Dengan bekal pendahuluan ini diharapkan akan dapat diterapkan di kampus, karena mereka akan menimba ilmu dilingkungan kampus ITL Trisakti, dan pihak Civitas Akademika ITL Trisakti juga telah memiliki mata kuliah Kewarganegaraan sebagai kelanjuta dari pendidikan pendahuluan Bela Negara ini, tambah Kol CZI Sapto Widhi Nugroho.
Ditempat yang sama, Kepala Bagian Pembinaan Mahasiswa dan Alumni ITL Trisakti, Noer Syamsu Hidayat, mewakili Rektor ITL Trisakti, usai menutup Pendidikan pendahuluan Bela Negara di Pusdik Zeni TNI AD Bogor, bagi Mahasiswa baru pada wartawan menjelaskan, bahwa selama 4 hari Mahasiswa Baru ITL Trisakti telah mengikuti Pembekalan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, dan nantinya mereka juga akan memperoleh pendidikan tambahan tentang Bela Negara.

Saat ini 4 Buku yang sudah siap cetak dan nantinya sebagai Mata kuliah wajib, diantaranya mata kuliah Agama, Pancasila, Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia, dan saat ini sedang disusun buku yang merekat keempat mata kuliah tersebut, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, kelima buku tersebutlah yang akan digunakan nantinya untuk kelanjutan pendidikan wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di kampus, tegasnya.

Mahasiswa Baru ITL Trisakti telah memperoleh materi Bela Negara selama 4 hari, bagaimana mahasiswa baru ini bisa dididik untuk menjiwai semangat Korsa, dan mereka sebagai calon pemimpin bangsa harus punya tanggung jawab sebagai warga negara, untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena di Indonesia tidak ada wajib militer, maka mereka memiliki hak dan kewajiban untuk bela negara, disini mereka menjadi generasi yang terdidik dari sebagian pendidikan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, untuk itu mereka akan melanjutkannya di Kampus, tegasnya. (Sp).

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending