WARTA | PENDIDIKAN

Mahasiswa Baru Ikuti Mastama Universitas Islam Jakarta

SKIH / ISTIMEWA

Mahasiswa Baru Ikuti Mastama Universitas Islam Jakarta

Bertempat di Aula Kampus Universitas Islam Jakarta (UIJ) seluruh mahasiswa baru UIJ mengikuti kegiatan Masa Taaruf Mahasiswa (Mastama) pembekalan awal diberikan oleh Rektor UIJ, Prof. H Raihan,M.Si.

Mastama sebagai upaya pengenalan sistem pendidikan tinggi di UIJ dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, yang berada dalam rangka mencerdaskan kehidupan dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menjadikan masyarakat yang kreatif, mandiri dan menjadi warga negara demokratis dan bertanggung jawab.

Dalam pembekalan Mastama 3 hari tersebut, UIJ menekankan akan upaya mengenalkan tentang sistem pendidikan di perguruan tinggi, karena mereka sebelumnya belajar di bangku Sekolah Menengah dan kini masuk ke pendidikan tinggi.

Yang kedua bagaimana sikap perilaku mahasiswa yang harus berbeda dengan pendidikan menengah ke pendidikan tinggi, serta mengenalkan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

Disamping itu kita juga berikan pemahaman tentang Bela Negara, maupun cara bagaimana berbuat baik kepada masyarakat yang harus dia lakukan dalam rangka turut membantu Tri Dharma Perguruan Tinggi, di samping itu juga dia harus melakukan penelitian-penelitian bersama mahasiswa dan dosen, selama belajar disini, itu juga merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, ungkapnya.

Sebagaimana pertanyaan mahasiswa bahwa untuk bagaimana kedepan mahasiswa bukan bekerja, tetapi menciptakan lapangan kerja, Prof Raihan menegaskan bahwa pada dasarnya bagaimana dengan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat sebanyak-banyaknya buat masyarakat, dan seluruh prodi juga akan ditambah tentang Enterpreneurshif, sehingga mampu mandiri dalam usaha.

Setelah menjadi mahasiswa diharapkan mahasiswa makin kritis dalam koridor-koridor akademik, Kemudian yang kedua mereka juga harus berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya melalui kegiatan kemahasiswaan yang positif, dan yang ketiga tentunya sebagai tanggung jawab dari pada lembaga ini, kita juga terus bersinergi dengan orangtua, dan keberadaan mereka di sini terpantau dan sesuai dengan kehendak kita semua, bahwa dia tepat waktu dalam studinya, tegas Prof Raihan.(Pry)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending