WARTA | HANKAM

Bakamla Gelar Media Ghatering Dengan Outbond dan Paint Ball

SKIH / ISTIMEWA

Bakamla Gelar Media Ghatering Dengan Outbond dan Paint Ball

Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) sebagai salahsatu lembaga pemerintah non kementrian dan bertanggungjawab kepada Presiden, yang bertugas mengkoordinir keamanan dan keselamatan diwilayah perairan Indonesia, yang saat ini masih berusia menjelang HUT Ke 4 tahun, dalam melaksanakan tugasnya selalu bermitra dengan mass media, dan untuk tetap terbangunnya hubungan tersebut, bertempat di Taman Impian Jaya Ancol pada Kamis 13 September 2018 menggelar Media Ghatering dengan kegiatan Outbond dan Paint Ball bersama jajaran Bakamla dengan insan media (wartawan) yang selama ini meliput dilingkungan Bakamla.

Dalam permainan paint ball diawali dengan pertandingan grub 1 yang dipimpin Kepala Biro Umum Bakamla dengan grub 3 yang dikomandoi oleh Deputi Informasi, Hukum dan Kerjasama Bakamla, pertandingan saling tembak tersebut membuat insan journalis melupakan sejenak tugas jurnnalistik yang diembannya. Kemudian dilanjutkan outboond hingga sore hari.

Pada pembukaan Media Ghatering, Kepala Bakamla yang diwakili Deputi Informasi, Hukum dan Kerjasama Bakamla RI, Irjenpol Dr Abdul Gofur, MH pada Wartawan menegaskan, bahwa Media Ghatering Bakamla dengan Wartawan ini diharapkan membangun hubungan emosional dan sinergitas untuk meningkatkan kerjasama dalam penegakan hukum di laut, serta memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat akan kepastian hukum di laut.

Diakuinya bahwa dalam penegakan hukum di laut Bakamla belum bisa maksimal karena masih dibatasi dengan aturan yang ada, sehingga upaya yang dilakukan selama ini masih bersifat pencegahan, untuk itu dirinya berharap Dewan Perwakilan Rakyat RI, untuk segera mensyahkan RUU Keamanan Laut menjadi Undang-Undang Keamanan Laut guna memaksimalkan tugas pokok BAKAMLA, tegasnya.

Keamanan di laut terdiri berbagai masalah dan pelanggaran hukum, namun kita dibatasi dengan undang-undang sehingga merugikan ekosistem di laut, banyak kejahatan luar biasa Seperti pencemaran lingkungan, pembuangan limbah, illegal fishing, penyelundupan narkoba serta produk barang lain, yang dilakukan oleh orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, jadi bukan hanya sebatas penangkapan saja tetapi problema kemaritiman lain yang terjadi diwilayah Yurisdiksi Nasional Indonesia, papar Irjenpol Dr Abdul Gofur, MH.

Wartawan yang diwakili Widi Kurniawan (RRI) juga mengaku berterimakasih atas kerjasama yang sudah terbangun dengan baik antara wartawan dengan Humas Bakamla selama ini, dalam pemberitaan kegiatan internal maupun penegakan hukum di laut, dan kegiatas media ghatering seperti ini juga diharapkan akan bisa diagendakan secara rutin pada iven khusus Bakamla, mungkin bisa juga diselenggarakan ditengah laut dan dengan model permainan tentang ilmu kelautan, sehingga wartawan memahami tugas berat di laut, harapnya. (Pry)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending