KABAR | MEGAPOLITAN

Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Gelar Pemantapan Kader Bela Negara Angkatan 6 Tahun 2019

SKIH / ISTIMEWA

Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Gelar Pemantapan Kader Bela Negara Angkatan 6 Tahun 2019

Bertempat di Hotel Prioritas Bogor, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta pada Senin 8 - 10 April 2019, menggelar kegiatan Pemantapan Kader Bela Negara Angkatan 6 tahun 2019.

Drs Tafdil M.Si Kasubdit Bela Negara dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Pemantapan Kader Bela Negara ini digelar sebagaimana amanat UUD 45 pasal 30 dan pasal 27 serta UU No. 3 tahun 2002 tentang Sistem Pertahanan Negara, dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan memantapkan rasa cinta tanah air, serta sadar berbangsa dan bernegara, dan meningkatkan semangat untuk mengimplementasikan peran Bela negaranya.

Peserta sebanyak 100 orang terdiri dari Ormas Harumadana, yaitu Ormas di bidang seni budaya, Pengurus RT maupun RW, Generasi Muda Trikora dan Mahasiswa, sementara penceramah Pembekalan Bela Negara adalah dari Akademisi, Pakar di bidang Pertahanan, Pengamat, dan dari Kanwil Pertahanan DKI Jakarta. Popy Setyawati, ungkapnya.

Sementara saat membuka kegiatan, Kepala Badan Kesbangpol yang diwakili, M. Asik Nur Hilmani, Kepala Bidang Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan, Badan Kesbangpol DKI menegaskan, pihaknya bersyukur kegiatan hari ini diikuti oleh lintas generasi mulai dari generasi milenial hingga generasi bahela, mesti kita berbeda usia, beda suku, ras maupun Agama, namun tetap kuat, dalam memperkokoh Persatuan dan Kesatuan.

M Asik juga meminta seluruh peserta bisa disiplin waktu dalam kegiatan pemantapan Bela Negara ini, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan tersebut, M Asik Nur Hilmani juga mengajak seluruh warga Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang, agar jangan golput, kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPRRI, DPDRI, DPRD Provinsi, karena menggunakan hak pilihnya sebagai bentuk partisipasi aktif warga negara serta bentuk kewajiban warga negara, dan mari berbondong-bondong menggunakan hak pilih, dan kami ASN tetap netralitas dan mendorong demi Suksesnya Pemilu dan Pilpres 2019, pintanya.

Ditempat yang sama Ketua Ikatan RT/RW Se-Provinsi DKI Jakarta (IKRW), Sismanu menegaskan, bahwa Setiap warga negara, memiliki hak dan kewajiban untuk "Bela Negara", dan hari ini IKRW turut berpartisipasi dalam Pemantapan Bela Negara ini, sehingga perannya sebagai pengurus RT maupun RW, lebih maksimal lagi dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan di Provinsi DKI Jakarta yang plural ini, dengan warganya yang Bhineka Tunggal Ika, dengan bermacam-macam Budaya, Suku, Ras maupun Agama, agar selalu hidup rukun, damai dan saling toleransi.

Seluruh Pengurus RT maupun RW juga mendukung penuh suksesnya pesta Demokrasi Pemilu maupun Pilpres 17 April 2019 ini, untuk itu kami IKRW berterima kasih pada Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan Pemantapan Bela Negara ini, ungkapnya. (PRYl)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending