WARTA | DAERAH

Sampah Di Pantai Muara Indah Pesisir Kotaagung Kondisi Kotor Dan Kumuh Seperti Sebuah Bencana

SKIH / ISTIMEWA

Sampah Di Pantai Muara Indah Pesisir Kotaagung Kondisi Kotor Dan Kumuh Seperti Sebuah Bencana

TANGGAMUS -- suratkabarindonesiahebat. Com KOTA AGUNG- Sampah terserak sejauh mata memandang di kawasan pesisir teluk semangka Kec. Kota agung Kab tanggamus. Sampah utamanya ada di antara pantai wisata muara indah. Pesisir yang terlihat itu bisa lebih dari satu kilo meter. (15/5)

Sampah terserak mayoritas sampah rumah tangga. ada bungkus makanan, botol plastik, kantong plastik, gabus, semua sampah itu bercampur sampah organik seperti bambu, kayu, ranting maupun kelapa kering.

Beberapa warga penikmat pantai wisata ini Robin (30) warga kota batu merasa keberatan dengan kondisi pesisir yang kotor dan kumuh, menurut dia ini seperti sebuah bencana. Tidak hanya mengganggu ekosistem tapi populasi ikan kata dia " (kemis 15/5/2019).

Yang bikin miris, lanjut dia, tampak banyak sampah rumah tangga. Ini menunjuk kan tabiat warga yang belum sadar pada lingkungan yang bersih. Banyak lagi kerugian yang akan di terima manusia akibat tidak peka dengan alam "tuturnya.

Hal senada di sampaikan juga oleh basis (29) warga bandar kejadian kurang sadarnya masyarakat, khususnya kota agung pusat yang masih membuang sampah sembarangan, baik di kali maupun saluran air/got

Sampah jadi permasalahan yang kompleks dan sangat mengganggu apalagi jumlahnya sudah terlalu banyak terkontaminasi di alam, proses degradasinya beragam salah satunya plastik yang butuh 100 tahun untuk dapat larut dengan tanah "ungkapnya.

Baik Robin maupun basis, keduanya berharap ada pembersihan dari hulu ke hilir, sambil juga mengedukasi warga masyarakat agar terus sadar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai sehingga bisa bermuara di laut.

Untuk pemerintah kabupaten tanggamus (pemkab), dibentuknya tim khusus program pelestarian wilayah pesisir pantai yg tersetruktur dan kontinu. Dalam hal ini dinas perikanan, dinas lingkungam hidup, dinas kebersihan, dan dinas pariwisata (hasbuna)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending