WARTA | LIPUTAN KHUSUS

Prajurit Lanal Cirebon Laksanakan SAR Terhadap KM. Nok Tantri

SKIH / ISTIMEWA

Prajurit Lanal Cirebon Laksanakan SAR Terhadap KM. Nok Tantri

Jakarta, 9 Mei 2019, Personel Pos Angkatan Laut (Posal) Eretan Lanal Cirebon membantu pencarian terhadap korban kecelakaan laut yang menimpa KM. Nok Tantri yang tenggelam akibat cuaca buruk di Perairan Sumber Mas, Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (6/6).

Personel Posal Eretan menerima laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kecelakaan laut disekitar Perairan Sumber Mas yang menimpa Kapal KM. Nok Tantri (Kapal Jenis Pompong Pengangkut Air Tawar) yang tenggelam pada posisi 4,5 NM dari Posal Eretan Indramayu, Jumlah ABK 6 orang (4 orang selamat dan 2 orang dinyatakan belum diketemukan).

Berdasarkan informasi dari Saksi Nahkoda Kapal KM. Rizki Abadi, Wartani, Umur 47 Tahun, Alamat Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu yang menolong korban menyampaikan bahwa pada hari Kamis tanggal 6 Juni 2019 sekitar pukul 16.00 Wib, KM. Nok Tantri berangkat dari Muara Sumber Mas Kabupaten Indramayu dengan Nakhoda Saudara Carma bersama 5 ABK untuk mengantarkan air tawar perbekalan kapal penangkap cumi yang sedang labuh jangkar. Sekitar pukul 16.30 Wib pada posisi ± 2,5 NM dari Posal Eretan, KM. Nok Tantri dihantam ombak yang mengakibatkan kapal terhempas dan tenggelam.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Personel Posal Eretan melakukan koordinasi dengan Tim SAR setempat untuk melaksanakan pencarian terhadap korban dengan menggunakan Patkamla Gebang dan berhasil menyelamatkan 4 orang korban dalam keadaan selamat, selanjutnya korban dibawa ke Klinik Mitra Keluarga Bloran Desa Parean Ilir untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sedangkan 2 (dua) orang ABK belum diketemukan.

Pada hari Jumat tanggal 7 Juni 2019 Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Personel Posal Eretan, SAR Indramayu, Polair beserta nelayan setempat melaksanakan pencarian lanjutan terhadap 2 korban yang masih dinyatakan hilang dan berhasil menemukan kedua korban dalam keadaan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi awal kapal tenggelam.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending