WARTA | INTERNASIONAL

Bukti Kokohnya Persahabatan Satgas Indobatt XXIII-M dan FCR Perancis di Lebanon

SKIH / ISTIMEWA

Bukti Kokohnya Persahabatan Satgas Indobatt XXIII-M dan FCR Perancis di Lebanon

(Penkostrad. Senin, 1 Juli 2019). Pasukan garuda yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL (United Nation Interm Force In Lebanon) atau lebih dikenal dengan sebutan Indobatt Troops semakin memperkokoh hubungan baiknya dengan batalyon dari negara Perancis atau lebih dikenal dengan sebutan Force Commander Reserve (FCR) Perancis sebagai sesama peacekeepers di Lebanon Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Indobatt, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam rilis tertulisnya di Markas Indobatt UNP 7-1 Jum’at, (28/6) di Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan.

Dijelaskan oleh Dansatgas Indobatt, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, hubungan yang baik dengan batalyon dari negara Perancis ini sudah dimulai sejak Satgas sebelumnya dimana hampir dalam setiap masa penugasan di Lebanon, Satgas Indobatt dan FCR Perancis selalu melaksanakan latihan bersama, namun tentunya ada perbedaan hubungan Satgas Indobatt dan FCR kali ini.

Sejak bulan April yang lalu Satgas Indobat melaksanakan latihan bersama di Markas Indobatt, latihan yang digelar selama lima hari tersebut ternyata memberikan kesan tersendiri bagi satuan FCR sehingga beberapa hari setelah latihan selesai, satuan FCR diwakili oleh Kasiops FCR Mayor Anti Vesterinen kembali mendatangi Markas Indobatt untuk mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Satgas Indobatt dengan memberikan kenang-kenangan plakat dan lambang satuan FCR kepada beberapa prajurit Indobatt.

Selanjutnya pada akhir bulan Mei yang lalu, Satuan FCR juga mengundang Satgas Indobatt untuk melaksanakan latihan bersama yang bertajuk “One Day Co-Operation Exercise” dimana disamping melaksanakan latihan tempur juga dilaksanakan olah raga bersama sehingga hubungan diantara kedua belah pihak semakin kokoh dan mulai terjalin persahabatan diantara prajurit.

Dengan hubungan timbal balik ini, tidak heran pada beberapa hari yang lalu satuan FCR ini mengajukan permohonan untuk dapat menampilkan French Music Band of the 9th Marine Infantery Brigade yang merupakan Drumband khas militer Perancis yang menggunakan alat-alat musik tradisional negara Perancis.

“Tentunya permintaan ini merupakan wujud nyata betapa kokohnya hubungan persahabatan antara Satgas Indobatt dengan FCR Perancis,” ucap Dansatgas.

“Sehingga kita buat acara khusus dilapangan Soekarno Markas Indobatt, sekaligus juga kesempatan bagi Satgas Indobatt untuk memperkenalkan kemahiran prajurit Indobatt dalam melaksanakan Kolone Senapan,” tutur Dansatgas.

Diawali dengan penampilan Kolone Senapan Satgas Indobatt dibawah komandan kolone Lettu Mar Jemi Arlianto yang memimpin anggotanya dalam melaksanakan atraksi baris-berbaris dan keahliannya menggunakan senjata selanjutnya giliran satuan FCR, dipimpin Caporal Chief Pierre Carrcvon menampilkan kemahiran personelnya dalam meniup Bagpipe atau lebih dikenal dengan sebutan Binio Braz (Bigpipe besar) dan terompet tanduk Perancis dimana kedua atraksi ini sangat memukau seluruh prajurit yang menyaksikan acara tersebut.

“Pertunjukan yang ditampilkan kedua negara ini membuktikan semakin erat dan kokohnya hubungan antara peacekeepers Indobatt dan FCR Perancis, sehingga kedepan akan lebih mudah dalam berkoordinasi serta menjalankan tugas sebagai penjaga perdamaian di Lebanon bahkan dapat membuka kerjasama dibidang lainnya." Pungkas Dansatgas.

Turut hadir dalam acara penampilan Kolone Senapan Satgas Indobatt dan drumband FCR Perancis di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan, Wakil Komandan Sektor Timur UNIFIL Kolonel Inf Ahmad Hadi Al-Jufri, Deputy Commander FCR Colonel Cottenceau, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Wadan Satgas Mayor Inf Abdul Samad, prajurit Satgas Indobatt dan FCR.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending