WARTA | KABAR HANKAN

SATLINLAMIL JAKARTA GELAR LATIHAN HELLY DECK PARTY

SKIH / ISTIMEWA

SATLINLAMIL JAKARTA GELAR LATIHAN HELLY DECK PARTY

JAKARTA, 11 Juli 2019 Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta merupakan salah satu Satuan Pelaksana Pembinaan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar latihan helly deck party di Pangkalan Udara TNI AL Pondok Cabe, Jakarta, Kamis (11/7).
Latihan helly deck party ini dilaksanakan mulai tanggal 9 s/d 11 Juli 2019 sesuai dengan program latihan Triwulan III TA. 2019 yang diperkuat dengan perintah latihan Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M.

Helly Deck Party merupakan kegiatan memandu Helly saat take off dan Landing di atas geladak KRI, meliputi penyiapan alat peralatan, manuver kapal dalam menentukan arah angin dan memandu Helly saat akan Take off maupun Landing di atas KRI. Kolinlamil sebagai Kotama Pembinaan yang memiliki kapal perang jenis angkut dan dilengkapi dengan geladak Helly, harus didukung prajurit pengawak KRI yang memiliki kemampuan melaksanakan helly deck party. Oleh karena itu, sebagai Satuan Pelaksana Pembinaan, Satlinlamil melaksanakan latihan helly deck party secara berkesinambungan, bertingkat dan berlanjut dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam memandu dan mengendalikan helly dari, di dan ke KRI.

"Tantangan tugas ke depan tentu semakin kompleks dihadapkan dengan adanya modernisasi alutsista secara bertahap, kapal-kapal lama satu demi satu diganti dengan kapal baru, yang memiliki geladak Helly, karena itu perlu disiapkan prajurit yang memiliki kemampuan dalam pengendalian Helly di KRI.” Ungkap Pangkolinlamil. Lebih lanjut Sang Panglima mengatakan, "Dalam operasi pergeseran personel dan logistik ke suatu daerah sesuai tugas yang diemban Kolinlamil, tidak menutup kemungkinan proses embarkasi/debarkasi dari kapal ke darat atau sebaliknya dilaksanakan menggunakan Helly, dengan alasan efektif dan efisiensi, termasuk berbagai kegiatan dalam mendukung pemerintah, seperti penanggulangan bencana, operasi SAR di Laut dan lain-lain, karena itu, saya tegaskan kembali bahwa keberadaan personel yang memiliki kemapuan _helly deck party_ mutlak dibutuhkan, khususnya pada KRI yang memiliki Geladak Helly.”

Dansatlinlamil Jakarta selaku Perwira Pemimpin Latihan (Papelat) menyelenggarakan latihan _helly deck party._ dengan mendatangkan tenaga instruktur dari Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Pondok Cabe dengan melaksanakan praktek langsung menggunakan Helly, dengan harapan para peserta latihan dapat menyerap ilmu semaksimal mungkin dan mendapatkan pengalaman berharga dalam pengendalian _take off_ dan _landing_ Helly.

Adapun materi yang diberikan kepada peserta latihan meliputi Prosedur _Take Off_ dan _Landing_ Helly di darat dan di Kapal pada siang hari dan malam hari, Prosedur Marshalling, Perlengkapan Marshaller dan Isyarat Marshaller _(General Marshalling Signal_), Prosedur komunikasi dan _Cross Landing Procedure._ (Dispen Kolinlamil).

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending