WARTA | LIPUTAN KHUSUS

Bina Jiwa Bahari, KRI Teluk Sibolga 536 Perkenalkan Alutsista TNI AL Kepada Siswa Di Sibolga

SKIH / ISTIMEWA

Bina Jiwa Bahari, KRI Teluk Sibolga 536 Perkenalkan Alutsista TNI AL Kepada Siswa Di Sibolga

Sibolga, 13 Agustus 2019,-- Bertempat di dermaga Labuhan Angin Pelabuhan Laut Sibolga, KRI Teluk Sibolga 536 mendapatkan kunjungan dari siswa siswi SMA/SMK binaan Lanal Sibolga. Kunjungan tersebut tiada lain adalah untuk menambah wawasan siswa siswi tentang alutsista yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut, selain itu juga untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kebaharian serta dalam rangka pembinaan potensi maritim masyarakat pesisir khususnya generasi muda di wilayah Kota dan Kabupaten Sibolga, Selasa (13/8).

Siswa siswi tersebut berjumlah kurang lebih 60 pelajar dari SMK 1 Badiri dan SMAN Plus 1 Matauli. Masing-masing sekolah terdiri dari 30 pelajar yang didampingi oleh Kepala Sekolah, Guru Pendamping dan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Sibolga. Siswa siswi yang berkunjung sebelumnya diberikan penjelasan tetang tata cara keluar masuk KRI serta tradisi dan kehidupan Prajurit TNI Angkatan Laut selama diatas kapal perang, selanjutnya diajak berkeliling oleh prajurit KRI Teluk Sibolga-536 yang telah ditunjuk untuk mengenal lebih dalam salah satu alutsista milik rakyat Indonesia tersebut.

KRI Teluk Sibolga-536 merupakan salah satu unsur dari Satuan Kapal Amfibi Koarmada I, berlabuh di Pelabuhan Sibolga dalam rangka mendukung tugas pokok Koarmada I yaitu dengan melaksanakan operasi siaga tempur laut dan pengamanan pulau-pulau terluar/terdepan guna menjaga keutuhan wilayah, menegakkan hukum dan kedaulatan negara di perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia, khususnya di Pantai Barat Pulau Sumatera. Selain itu, KRI Teluk Sibolga-536 juga melaksanakan dukungan pergeseran personil dan material tim aju Satgas Surya Bhaskara Jaya 68 guna mendukung dan menyukseskan salah satu kegiatan Nasional yaitu Sail Nias 2019. Yang mana acara puncak Sail Nias rencananya akan dihelat pada tanggal 14 September 2019 di Perairan Teluk Dalam, Nias Selatan.

Diakhir kunjungan para pelajar SMK 1 Badiri dan SMAN Plus 1 Matauli, Komandan KRI Teluk Sibolga-536 Mayor Laut (P) Memet Kurniawan, M.Tr.Opsla menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan para siswa siswi dan memberikan pesan moril supaya belajar dengan tekun dan baik, dengan harapan agar kelak mereka dapat memberikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara khususnya di bidang kemaritiman melalui berbagai jalur sesuai dengan cita-cita yang diimpikan oleh mereka.

Demikian pula Komandan Sibolga Letkol Laut (P) Betrawarman, M.Tr.Hanla menyampaikan pesannya melalui Babinpotmar Lanal Sibolga kepada para siswa siswi agar tidak menyia-nyiakan kesempatan kunjungan ini untuk mengembangkan wawasan kemaritiman dan lebih utamanya tiada lain untuk memotivasi mereka dalam rangka pembinaan potensi maritim wilayah.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending