WARTA | LIPUTAN KHUSUS

Kodim Klaten Lakukan Penanggulangan Erupsi Gunung Merapi

SKIH / ISTIMEWA

Kodim Klaten Lakukan Penanggulangan Erupsi Gunung Merapi
Kodim Klaten - Kodim Klaten Lakukan Penanggulangan Erupsi Gunung Merapi

Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan bencana erupsi gunung merapi di bawah kendali Kodim 0723 Klaten telah berhasil melakukan evakuasi warga korban bencana dari Desa Balai Rantai Kec Kemalang Kabupaten Klaten menuju salter di prambanan , Jumat (29/11/19).

Diceritakan dalam sekenario latihan penanggulangan bencana alam Kodim 0723 Klaten bersama BPBD, BNPB, PMI, dan relawan Tagana telah melakukan berbagai kegiatan mulai dari evakuasi warga dan ternak, semua korban erupsi yang telah meninggal dunia juga sudah dimakamkan. Kegiatan penanggulangan telah dimulai sejak senin kemaren.

Turunnya fase Gunung Merapi, membaiknya mekanisme kehidupan dilokasi bencana dan Bupati Klaten menyatakan bahwa tanggap darurat selesai dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya masing masing.

Itulah berbagai kegiatan yang dilakukan saat Kodim 0723 Klaten melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam, siang ini Kasiops Korem 074 Warastratama Lektol Inf Hari Sandra secara resmi telah menutupnya.

Dalam membacakan amanat Danrem 074 Warastratama mengatakan , Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Klaten terlaksana dalam keadaan sehat wal’afiat dan seluruh pelaku dapat melaksanakan jalannya latihan dengan baik dan lancar.

Dengan berakhirnya latihan ini para peserta diharapkan benar benar mengerti, memahami dan menguasai dengan baik segala prosedur dan metode penanganan penanggulangan bencana alam serta protap standart operasi bersama sesuai perkembangan situasi yang terjadi.

" pemeliharaan, peningkatan dan pengembangan kemampuan serta koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan, agar kita senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi serta kemungkinan terjadinya bencana alam sehingga setiap saat kita siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana, ungkapnya.

Diakhir amanatnya Danrem menegaskan kepada seluru jajaran untuk menuasai dan pedomani betul bekal pengetahuan yang telah diperoleh melalui latihan ini sehingga dapat mengeliminir beberapa kendala yang muncul pasca bencana alam

Kegiatan latihan diikuti oleh Kodim 0723 Klaten, Yonif Raider 408, Denkesyah Surakarta, Denzibang, Denbekang, Denhub begitu juga dari BPBD Klaten, PMI, Dinkes Klaten dan relawan Tagana Klaten. Kodim Klaten.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending