WARTA | NASIONAL

Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral Dan Militan

SKIH / ISTIMEWA

Hari Armada RI :
Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral Dan Militan

Jakarta, Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkalan Laut pada hakekatnya Iahir dan tumbuh bersama kelahiran TNI. Tepat pada tanggal 5 Desember 2019 akan digelar Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2019 dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S E,MM . bertempat di Dermaga Koarmada II. Ujung Surabaya, Kamis (5/12/2019). Pada waktu yang sama seluruh Jajaran Koarmada I dan Ill Juga melaksanakan upacara HUT Armada di Markas Komando (Mako) nya masing -masing.

Sejarah Singkat Hari Armada RI.

Sejarah perkembangan Komando Armada Republik Indonesia (Armada RI) tidak terlepas dari sejarah kelahiran TNI AL yang dirintis oleh para pejuang dalam wadah Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) yang berdiri pada tanggal 10 September 1945.
Rintisan pembentukan Komando Armada telah ada sejak awal tahun 1950-an. ALRI berupaya mengorganisasikan kekuatan armadanya yang masih sangat terbatas dalam bentuk Flotila Penyapu Ranjau pada tanggal 21 Agustus 1952. Guna meningkatkan dan melengkapi kemampuan tempurnya, maka sejak tahun 1954 ALRI mendatangkan sejumlah Alutsista dari Iuar negeri.

Setelah kualitas unsur Armada semakin canggih dan modern, serta kuantitasnya semakin besar, akhirnya terbentuklah sebuah Komando Armada berdasarkan SK KSAL No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 ditetapkan berdirinya organises Komando Armada ALRI, yang diresmikan Pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oIeh KSAL Komodor Laut R E Martadinata.

Perjalanan sejarah menunjukkan, bahwa Armada RI telah tumbuh menjadl organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis Alutsista.

SeIanjutnya sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di Wilayah Timur NKRI, termasuk Koarmada III sebagal bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan negara yang kuat den merata serta dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI.

Armada RI sebagai kekuatan tempur TNI Angkatan Laut, saat ini terbagi dalam tiga Armada. Armada I berpusat di Jakarta, Armada II berpusat di Surabaya, dan Armada III berpusat di Sorong.

Peringatan HUT Armada 2019 mengusung tema Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang Profesional, Bermoral dan Militan. Peringatan di Koarmada II akan melibatkan sekitar 1. 913 personal gabungan seluruh Kotama TNI AL Wilayah Surabaya, diantaranya Komando Amada RI (Koarmada ll) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Akademi Angkatan Laut (AAL) Lantamal V Surabaya Sekolah Tinggi Teknologi Angkalan Laut (STTAL) Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) den Pasmar 2 Surabaya.

Peringatan sejarah Hari Armada pada hakekatnya tidak dimaknai hanya sekedar kegiatan seremonial semata tetapi Hari Armada R1 memiliki banyak arti penting bagi segenap prajurit Komando Armada RI. Momen ini harus dimaknai sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Komando Armada RI masih mendapatkan kepercayaan rakyat Indonesia dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut. Kepercayaan rakyat dan negara harus bisa diemban oleh Komando Armada dengan baik, untuk itu Komando Armada RI hams mampu mengantisipasi perkembangan strategis global sebagai dampak perkembangan teknologi modern.

Dalam menjawab semua tantangan yang semakin dinamis, TNI Angkatan Laut perlu membangun postur yang kuat, profesional dan modern. Pembangunan di laksanakan melalui validasi organisasi salah satunya adalah telah disetujuinya di dalam Peraturan Presiden Nomor 66 tahun 2019 tentang pembentukan Komando Armada RI sebagai salah satu Kotama operasional TNI. Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada yang saat ini sudah ada yakni. Koarmada l, Koarmada II dan Koarmada III. Diharapkan dengan terbentuknya organisasi Komando Armada RI. maka respon cepat terhadap segala bentuk ancaman dapat diantisipasi dengan baik.

Peringatan Hari Armada kali ini selain dilakukan penyematan tanda kohormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun oIeh Kasai Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S E,M M akan dilaksanakan pula parade dan defile dengan menampilkan demo tari kolosal, beladiri militer, display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL dan defile pasukan. Berbagai kegiatan telah digelar Jajaran Koarmada TNI AL dalam rangka memeriahkan Hari jadinya tahun 2019 ini, yakni berupa: kegiatan sosial, pembinaan profesionalime prajurit dan ziarah. Sedangkan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Bulan Trisila TNI AL.(Dispen AL)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending