WARTA | NASIONAL

KESIAGAAN OPERASI KOARMADA I TAHUN 2020

SKIH / ISTIMEWA

KESIAGAAN OPERASI KOARMADA I TAHUN 2020

Dalam menghadapi dinamika ancaman kedaulatan dan pelanggaran hukum di laut yurisdiksi nasional, Koarmada I melaksanakan operasi sepanjang tahun. Mengawali tahun 2020, dilaksanakan apel kesiagaan Operasi Siaga Tempur Laut (Siaga Purla) yang dipimpin oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M., di dermaga Satuan TNI Terpadu Selat Lampa Natuna, Jumat (3/1/2020).

Koarmada I menggelar Operasi Siaga Purla 2020 dengan melibatkan 5 unsur KRI yang bertujuan menjaga kedaulatan, menegakkan hukum, menindak segala bentuk kejahatan dan melindungi kepentingan nasional di laut yurisdiksi nasional, khususnya di wilayah tanggungjawab Koarmada I.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Operasi Siaga Purla tahun 2020 digelar dengan peningkatan kerjasama unsur KRI dengan pesawat udara patroli maritim dan pesawat intai taktis TNI AU. Interoperability ini dengan sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan efektivitas dan mengoptimalkan operasi laut dari dua aspek yaitu aspek laut dan udara.

"Dalam pelaksanaan operasi jangan sampai terprovokasi dan tetap profesional sesuai prosedur, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang mengarah pada tindakan yang merugikan, serta hindari benturan yang menimbulkan memanasnya situasi di kawasan," tegas Laksdya Yudo.

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., menyampaikan bahwa kekuatan Koarmada I yang dilibatkan terdiri dari KRI Tjiptadi 381, KRI Teuku Umar 385, dan Pesawat Patroli Maritim, serta diperkuat oleh KRI Usman Harun 359 dan KRI John Lie 385 yang sedang menuju Perairan Natuna Utara.

Turut mendampingi Pangkogabwilhan I pada Apel Kesiagaan Operasi Siaga Purla diantaranya Pangkoarmada I, Kaskoopsau I, Danguspurla Koarmada I, Danlantamal IV, Asintel, Asops, dan Aspers Kogabwilhan I.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending