WARTA | EKONOMI

LESTARIKAN DAN KEMBANGKAN BATIK, DPC PDI PERJUANGAN JAKARTA TIMUR GELAR WORKSHOP MEMBATIK

SKIH / ISTIMEWA

LESTARIKAN DAN KEMBANGKAN BATIK, DPC PDI PERJUANGAN JAKARTA TIMUR GELAR WORKSHOP MEMBATIK

Bertempat di lt. 2 Gedung DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Jl. H. Naman No. 3 Pondok Kelapa, Duren Sawit pada Sabtu 25 Desember 2020, jajaran DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, melalui Bidang Ekonomi Kreatif, DPC DPIP Jaktim, menggelar kegiatan Workshop Membatik, pelatihan membatik tersebut digelar bersama Rumah Batik Pula Saren. Dan yang menarik, dari peserta latihan membatik tersebut diantaranya adalah pelajar SD dan SMP.

Ita Nurhayati, SPd Panitia Pelaksana kegiatan dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, diharapkan akan memiliki dampak multidimensional baik dari sisi Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Kreatif maupun menjaga dan melestarikan budaya nasional.

"Gelaran Workhsop Banteng Timur Membatik ini bekerjasama dengan Rumah Batik Pulasaran bersifat terbuka untuk umum dan akan dilaksanakan secara regular" Ujarnya.

Membatik adalah budaya turun temurun sebagai apresiasi seni dan budaya yang dimiliki oleh para leluhur Bangsa Indonesia. Batik sebagai salah satu Kekayaan milik bangsa Indonesia yang dilindungi dunia oleh UNESCO sebagai "World Haritage" atau warisan budaya dunia dimana batik Indonesia memiliki 5.849 motif batik dari Sabang sampai Merauke.

"Selain sebagai upaya untuk terus melestarikan potensi dan budaya yang dimiliki kita sebagai bangsa, kemampuan membatik juga memiliki dampak ekonomi yang sangat potensial", Tutur Ita Nurhayati, SPd yang merupakan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bidang Ekonomi Kerakyatan.

Dalam sambutannya, Ketua DPD DPI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Chairul Ichsan menegaskan, bahwa DPD DPIP DKI sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan membatik ini, dimana salah satu pilar yang akan didorong menjadi kekuatan Berdikari Indonesia adalah di bidang kebudayaan, salah satunya adalah kegiatan membatik yang juga didalamnya ada kegiatan ekonomi, dan kita bersyukur DPC PDIP Jakarta Timur, bisa melihat peluang ini sebagai peluang bisnis kreatif, sehingga kedepan akan lebih banyak lagi industri kreatif di Jakarta Timur ini, ungkapnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, Dwi Rio Sambodo, juga menegaskan bahwa kegiatan ini digelar DPC PDIP Jaktim sebagai upaya pemberdayaan ekonomi berdikari, yang kedua adalah pelestarian budaya Nusantara, disamping membangun ekonomi kader partai juga menggairahkan daya ingat masyarakat terhadap budaya Batik.

Workshop membatik juga akan digelar berkesinambungan dan rutin hingga puncaknya pada hari batik 2 Oktober 2020 mendatang, tegasnya.

DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan pelaku usaha ekonomi ini, mulai dari hulu hingga hilir dari pelatihan-pelatihan, magang di Rumah-rumah Batik di Jakarta Timur, menyediakan ruang-ruang Pameran hingga trik-trik pemasaran melalui media digital.

Kelas Batik Banteng Jakarta Timur ini akan dilaksanakan secara bergelombang dan pada tanggal 2 Oktober 2020 akan dilaksanakan pameran segala kreasi produk batik sebagai puncak kegiatan.

"Sejarah telah membuktikan bahwa para pelaku usaha kecil dan menengah inilah yang mampu bertahan dari hantaman badai krisis ekonomi Dunia, Konsep Community Development harus menjadi perhatian serius bagi kita semua” Tutup Dwi Rio yang juga Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta ini.(Pry).

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending