WARTA | PENDIDIKAN

STP Trisakti Gelar Career Day 2020, Hadirkan 20 Perusahaan

SKIH / ISTIMEWA

STP Trisakti Gelar Career Day 2020, Hadirkan 20 Perusahaan

Sebagaimana kegiatan tahunan, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) menggelar kegiatan Career Day, dan pada iven Februari 2020 kali ini menghadirkan 20 perusahaan yang melakukan perekrutan karyawan serta Magang Kerja. Acara yang digelar di Auditorium Lantai 2 STP Trisakti, Jalan IKPN Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan, dengan menghadirkan industri perhotelan, F&B, hingga perjalanan wisata Kapal Pesiar, tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua III STP Trisakti, Ismet Emier Osman.

Disela acara rekrutmen, Assistant Direktor of Human Resources JW Marriott, Yanuar Rachmanto, mengaku sangat berterimakasih bisa melakukan rekruitmen pada mahasiswa STP Trisakti, baik untuk pemagangan maupun perekrutan karyawan JW Marriott Grub, dimana untuk pemagangan akan kita tempatkan pada Juli 2020, karena dalam setahun kita buka 2 periode, yaitu Januari sampai Juli, dan Juli sampai Januari sementara untuk karyawan disesuaikan posisi yang dibutuhkan, karena kita butuh talent - talent yang memiliki performance, dimana kita berada dibawah grub Marriott Internasional, maka nantinya akan juga kita salurkan ke Marriott yang lain di luar Jakarta.

Menanggapi kebijakan Mendikbud yang memperpanjang pemagangan di Industri, Marriott Grub menyambut baik hal tersebut, kalau mahasiswa bisa magang hingga 2 semester maka kita tidak banyak mengajari mereka, dan mahasiswa akan lebih memahami apa yang harus mereka kerjakan, dan mereka juga lebih memahami pekerjaan yang harus dilakukan, untuk Ritz Carlton sendiri dalam setahun bisa memberi kesempatan 100 mahasiswa maupun pelajar SMK melakukan pemagangan, belum lagi pada hotel Marriott sendiri bisa lebih banyak melatih mahasiswa sesuai bidang ilmu yang digeluti, dan sesuai kebutuhan mereka, karena Marriott di Indonesia memiliki 50 lebih hotel di Indonesia.

Marriott Grub juga bersyukur telah banyak alumni STP Trisakti yang mampu bekerja dengan baik di berbagai level jabatan, karena memang dari segi kualitas, kemampuan serta kemauan kerja alumni STP Trisakti sangat baik, karena kita memang turut mendidik mereka sebagai leader, ungkap Yanuar Rachmanto.

Hal senada juga diungkapkan Saryato, Human Recources Manager Crowne Plaza Jakarta, bahwa hari ini kami khusus merekrut untuk Karyawan, dengan posisi Affandi Manager, Digital Marketing Manager, Assistant Marcom Manager, Duty Manager, Guest service officer serta posisi lain, yang semuanya untuk Crowne Palza Jakarta. Dan data pelamar juga akan kita share ke Grub Crowne Plasa di luar Jakarta, jadi kita akan sharing. Untuk pemagangan di Crwone Plaza memang kita berikan dari 6 bulan hingga 1 tahun, dan ini upaya membantu pemerintah maupun Mahasiswa dalam peningkatan skill dan knowledge, ungkapnya.

Sementara usai membuka Career Day 2020, Wakil Ketua III STP Trisakti, Ismet Emier Osman usai membuka Career day 2020 menegaskan, bahwa untuk kegiatan Career Day selama ini kita gelar sekali dalam setahun, namun ditahun 2020 ini kita gelar 2 kali, sehingga kesempatan bagi Mahasiswa untuk Magang Kerja, serta Alumni untuk bekerja sesuai bidang ilmu Pariwisata yang digeluti semakin terbuka, kami bersyukur peserta dari 20 Perusahaan Nasional dan Internasional ini banyak membuka kesempatan kerja pada posisi yang ditawarkan, sehingga alumni bisa memilih yang terbaik.

Demikian juga Career Day yang kita gelar juga sebagai ajang pertemuan para perwakilan atau pelaku industri, yang mereka memang sampai saat ini masih membutuhkan tenaga-tenaga kerja, dengan SDM yang terampil hingga profesional dari bidang Pariwisata dan hospitality, oleh karena itu untuk tahun ini kita mengadakan dua kali, hari ini dan nanti Oktober menjelang Wisuda, jadi tujuannya agar Mahasiswa ini terjamin pada saat mereka selesai kuliah, maka untuk peluang kerja sangat terbuka luas, dan STP Trisakti terus memfasilitasi, apalagi saat ini Mendikbud Nadien A. Makarim telah mengeluarkan kebijakan Kampus Merdeka, sehingga kita akan terus meningkatkan kerjasama dengan dunia industri.

Dalam kebijakan Kampus Merdeka tersebut juga diberi kebebasan pada Mahasiswa untuk memilih dalam 3 semester berada di luar kampus, mereka bisa melakukan kuliah pada prodi lain, bisa melakukan penelitian juga bisa melakukan kewirausahaan, ini akan membuka peluang mahasiswa untuk mandiri sesuai bidang ilmu yang digeluti, demikian juga program pertukaran pelajar ke dalam dan keluar negeri nantinya akan bisa dilakukan lebih lama lagi, hingga 3 semester, saya kita peluang berwirausaha akan lebih banyak dilakukan oleh mahasiswa Pariwisata, karena Kewirausahaan juga satu komponen program studi di STP Trisakti.

Sebelum pemerintah mengeluarkan kebijakan tolak ukur masa tunggu bekerja hingga berapa persen terserap pasar kerja maupun yang mandiri berwirausaha, sebenarnya STP Trisakti sudah melakukan jauh hari dengan key performance indicators (KPI) untuk menentukan atau mengukur kemajuan dalam berkarier di industri maupun berwirausaha, serta guna menentukan berapa persen target yang kita akan lakukan, serta disesuaikan dengan target pemerintah, tegas Ismet Emier Osman.

Hal senada juga diungkapkan Penanggungjawab kegiatan Career Day 2020, Yulihan Feeriaty, bahwa Career Day, hari ini digelar diikuti oleh para mitra STP Trisakti, yang selama ini merekrut lulusan STP Trisakti untuk posisi di berbagai bidang maupun untuk pemagangan, dimana kita telah menyiapkan SDM yang benar-benar siap kerja dan terjun ke industri sesuai bidangnya, dan mereka bisa bekerja lebih dari 9 jam, hal tersebut karena disamping ilmu, seluruh mahasiswa STP Trisakti juga sudah kita bekali dengan mental dan disiplin sehingga mereka benar-benar siap terjun ke industri.

Kita bersyukur pada setiap akhir masa pendidikan, 50% alumni melaporkan telah diterima di berbagai perahaan di dalam maupun di luar negeri, bahkan tak sedikit diantara mereka terjun ke dunia usaha, dengan membuka usaha mandiri bidang pariwisata, karena seluruh mahasiswa STP juga menerima mata kuliah Kewirausahaan, ungkap Yulihan Feeriaty. (Pry).

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending