WARTA | HUKUM

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Jaksa, Erlina Bebas Murni

SKIH / ISTIMEWA

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Jaksa, Erlina Bebas Murni

Penolakan Kasasi yang diajukan Jaksa dengan termohon Erlina Sukiman, yang tertera pada papan pengumuman layar digital Mahkamah Agung. Perkaranya teregister dengan No: 88 K/PID/2020. Dan Perkaranya diputus pada 13 Februari kemarin, menunjukkan bahwa Proses hukum atas Konflik Bertetangga atas nama Erlina dan Yenny selesai sudah, semua pihak harus menghormati putusan MA, ungkap Leo Famli, SH kuasa hukum Erlina kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Lebih jauh Leo Famli SH menegaskan, dengan putusan tersebut kini masyarakat bisa tau “Siapa yang Benar dan siapa yang Salah”, dengan ditolakknya Kasasi yang diajukan Jaksa dengan termohon Erlina Sukiman, putusan penolakan Kasasi tersebut turut memperkuat argumentasi secara hokum, siapa yang benar dan siapa yang salah terhadap konflik bertetangga antara Yenny Susanty dengan Erlina Sukiman dan ibunya Nurhayati yang berujung saling lapor melapor ke polisi dan berakhir di meja hijau.

Erlina dan ibunya Nurhayati dipolisikan oleh Yenny dengan tuduhan melakukan pengeroyokan, Sedangkan Erlina mengadukan Yenny dengan tuduhan melakukan penganiayaan. Kedua belah pihak kemudian berperkara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Dalam perkara Erlina dan Nurhayati, Ketua Majelis Hakim Erwin Djong membebaskan kedua terdakwa dengan putusan bebas. "Menyatakan terdakwa I, Erlina Sukiman dan terdakwa II, Nurhayati, tidak terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum", sementara dalam perkara Yenny Susanti, terdakwa dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim dengan hukuman percobaan 4 bulan. "Bahkan putusan banding atas kasus ini menguatkan putusan sebelumnya," jelas Leo.

Atas putusan MA tersebut, Leo selaku kuasa hukum Erlina Sukiman mengaku puas, karena kliennya sudah bebas murni, menurut saya putusan MA sangat fair dan obyektif, karena fakta sebagaimana dalam persidangan yang telah dibacakan Majelis Hakim, dalam pertimbangannya bahwa memang tidak ada satu saksi dan bukti yang memperlihatkan kejadian ini, seperti yang dituduhkan Jaksa, jadi sekali lagi saya ungkapkan bahwa dengan Penolakan Kasasi yang diajukan Jaksa ke MA, telah menegaskan, bahwa Erlina Bebas Murni. (Red).

Penulis:
Editor:

Now Trending