WARTA | EKONOMI

Pengabdian Masyarakat TSM, Dampingi Warga Jatiuwung Tingkatkan Ekonomi Keluarga

SKIH / ISTIMEWA

Pengabdian Masyarakat TSM, Dampingi Warga Jatiuwung Tangerang Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Sebagaimana program Pengabdian Masyarakat, Trisakti School of Management (TSM) salahsatunya adalah meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui pemberdayaan perempuan, dan bertempat di RT. 03 RW.03 Kelurahan Jatiuwung, Tangerang, pada Selasa 3 Maret 2020, menggelar kegiatan pendampingan Kaum Wanita untuk beraktivitas dengan kerja sampingan, membersihkan produk pedal Karet Sepeda Motor. Turut hadir dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat TSM tersebut, Wakil Ketua I TSM, Irwanto Handojo, SE, M.Si, Wakil Ketua III TSM, Drs. Teguh Siswanto, M.Si kepala LPAM (Lembaga Pengembangan Akuntansi dan Manajemen) TSM, Indra Arifin Djashan, SE, M.Ak, Staf P3M TSM Ibu Maria dan Emir serta beberapa Mahasiswa Trisakti School of Management.

Wakil Ketua III Trisakti School of Management, Drs. Teguh Siswanto, M.Si disela kegiatan pendampingan tersebut, menjelaskan, bahwa hari ini kita memberikan pendampingan pada Warga Jatiuwung, Tengarang, dimana TSM telah menggandeng Perusahaan Alat Sepeda Motor yaitu PT. Himan Dwi Putra yang memproduksi sparepart Motor, dan untuk finishing harus dengan cara tradisional, dan menggunakan tenaga manusia, untuk itulah kita menyiapkan orang-orang untuk penyelesaikan akhir tersebut.

Ibu-ibu yang turutserta kegiatan ini adalah mereka yang suaminya bekerja di Perusahaan-perusahaan di sekitar Tangerang, selama ini mereka berkumpul hanya untuk menghabiskan waktu dengan ngrumpi, untuk itu kami mencoba mencarikan solusi agar ibu-ibu bisa mengisi waktu dengan kegiatan produktif, guna menambah ekonomi keluarga mereka.

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat TSM ini, disamping membukakan jalan, juga nantinya turut mengontrol hasil kerja ibu-ibu, agar sesuai standar perusahaan, dan kami tidak memungut sedikitpun, semua hak pekerja kita berikan penuh, ungkapnya.

Program lain Pengabdian Masyarakat adalah Pelatihan Pemuda, yang akan digelar di Pandeglang Banten, dimana TSM bekerjasama dengan Perusahaan Cat, berupa pelatihan pengecatan dengan standar perusahaan, nantinya seluruh peserta yang lulus akan diberikan Sertivikat, sehingga diharapkan akan mempermudah mereka untuk bekerja di Perusahaan Pengecatan, baik Pengecatan Kayu/Perkapalan, Pengecatan Mobil hingga Pengecatan Rumah, ungkap Teguh Siswanto.

Hal yang sama juga diungkapkan HRD PT. Himan Dwi Putra, Muhammad Sutomo, bahwa perusahaannya bergerak dibidang rabercup manufacturing, dimana kita mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, jadi kita mencetak produk sesuai pesanan perusahaan, dan saat ini yang kita cetak adalah Karet, dan setelah jadi produk masih ada sisa karet yang harus dibersihkan, untuk itu kami memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk finishing tersebut.

Jenis produksi juga beraneka ragam, serta dengan upah yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan, kita sehari memproduksi antara 4000 hingga 10.000 cetakan, sehingga total perbulan bisa mencapai 900.000 barang, sehingga jika seluruhnya untuk finishing di kerjakan ibu-ibu, maka penghasilan juga cukup lumayan, bisa mencapai 2juta per-orang tiap bulannya, untuk itu kami berterimakasih pada Trisakti School of Management yang turut memberikan pendampingan ini, paparnya. (Pry).

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending