WARTA | NASIONAL

Cegah Penyebaran Covid-19, Bakamla susun Rencana Operasi menutup jalur laut kedatangan TKI ilegal

SKIH / ISTIMEWA

Cegah Penyebaran Covid-19, Bakamla susun Rencana Operasi menutup jalur laut kedatangan TKI ilegal

Jakarta, Jumat 3 April 2020 (Humas Bakamla RI/Indonesian Coast Guard)
Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos.,M.M. mengistruksikan Deputi Opslat Laksda Bakamla TSNB Hutabarat untuk menyiapkan operasi pengamanan jalur tikus di sepanjang Selat Malaka dalam rangka menindaklanjuti rencana pemerintah untuk mengantisipasi kedatangan WNI dari luar negeri dalam jumlah besar dalam tiga kelompok yaitu TKI dari Malaysia, ABK Indonesia dari kapal-kapal luar negeri dan jamaah tabliq.

Deputi Opslat bersama dengan jajarannya khususnya Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Nursyawal Embun beserta staf segera menggelar rapat penyusunan Rencana Operasi (RO) Garda Lintas Batas untuk mencegah penggunaan pelabuhan tikus disepanjang Selat Malaka sebagai jalan masuk TKI dari Malaysia. Nantinya TKI yang akan melewati jalur tikus akan dibawa ke pelabuhan resmi untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dulu. Dalam operasi ini Bakamla akan menggelar beberapa unsur kapal patroli dan bekerjasama dengan instansi maritim lainnya.

Kepala Bakamla juga mengistruksikan kepada Kepala Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto untuk melaksanakan koordinasi dan sinergi dengan gelar operasi Kementerian/Lembaga lainnya untuk mengoptimalkan penyekatan termasuk berkoordinasi dengan pihak APMM Malaysia untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending