WARTA | PENDIDIKAN

Pelatihan Lean Canvas pada SMA Santo Kristoforus II oleh PKM TSM

SKIH / ISTIMEWA

Pelatihan Lean Canvas pada SMA Santo Kristoforus II oleh Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management

Tantangan terbesar bagi seorang pengusaha adalah mewujudkan idenya menjadi kenyataan. Tahu tentang lean canvas? Salah satu tantangan terbesar bagi pemilik bisnis adalah mengubah ide menjadi rencana. Mungkin terasa mudah karena terpikir sudah punya ide sempurna untuk menjalankan bisnis. Tapi ternyata menuliskan dan mengerjakan pemikiran apalagi mewujudkannya bisa menjadi lebih rumit. Dari ide untuk menjadi suatu bisnis baru [ start up] hingga konsep suatu produk atau layanan, membuat rencana yang komprehensif dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Metode bisnis Lean Canvas merupakan metode perencanaan yang bisa dilakukan para pengusaha untuk membantu merubah idenya menjadi nyata. Namun, beberapa pemula yang baru merintis usahanya mungkin belum mengetahui lebih jauh apa itu Lean Canvas sebenarnya.

Pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 lalu, kampus Trisakti School of Management (TSM) melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berkesempatan untuk berbagi knowledge melalui media zoom mengenai topik LEAN CANVAS dengan sekolah SMA Santo Kristoforus II, Jakarta Barat. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh guru, siswa IPA dan IPS kelas X, XI dan XII SMA Kristoforus II yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler pelatihan kewirausahaan. Pelatihan dilaksanakan mulai pukul 12.30 - 14.00 WIB dan diikuti 20 siswa/i.

TSM menghadirkan dua pembicara dalam kesempatan kali ini, yaitu Ibu Dr. Vita Briliana dan Bapak Dr. Maris Agung Triandewo, S.E., M.A., CMA. Kedua pembicara ini turut didampingi oleh Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E., M.M., dan Sekretaris Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP, CMA.

Sambutan hangat dari pihak sekolah membuat para pembicara pun termotivasi untuk berbagi knowledge. Pada kesempatan pertama, materi dibuka oleh Ibu Vita dimana beliau menyampaikan hal mendasar mengenai Lean Canvas, apa tujuannya, dan 9 (sembilan) elemen yang harus dipersiapkan untuk menyusun strategi bisnis yang layak, menurut Alexander Osterwalder, melalui Business Model Canvas. Berikutnya materi disampaikan oleh Pak Maris yang menyampaikan tentang masalah - masalah pemilihan value preposition atau keunggulan produk beserta implementasi contoh-contoh aplikasi studentpay yang sesuai dengan kebutuhan siswa atau calon mahasiswa di lingkungan sekolah atau kampus.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat dan menjadi bekal untuk para siswa siswi SMA Kristoforus II dalam memahami proses tahapan Lean Canvas dalam rangka memulai bisnis baru dari nol hingga terwujud. Sehingga nantinya akan menghasilkan alternatif pilihan mereka menyongsong masa depan untuk produktif secara mandiri ditengah ketidak pastian dampak pandemic COVIT 19 atau hanya membuang waktu hanya menjadi penonton dan tidak menghasilkan apapun. Untuk kedepannya, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management akan terus berkomitmen untuk melakukan berbagai pelatihan di SMA Kristoforus II. Semoga apa yang telah dibagikan dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam proses belajar untuk para siswa/i dan dalam kehidupan pekerjaan untuk guru - guru sekalian. Tetap semangat untuk terus menjadi pembicara yang menginspirasi.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending