KABAR | NASIONAL

KOMANDAN SESKOAL MEMBUKA SEMINAR FORUM STRATEGI I PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-61 TA. 2023.

SKIH / ISTIMEWA

KOMANDAN SESKOAL MEMBUKA SEMINAR FORUM STRATEGI I PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-61 TA. 2023.


TNI AL, Seskoal, 30 Maret 2021.
Seminar Forum Strategi Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-61 TA 2023, resmi dibuka Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP. bertempat di Kelas A Gedung R.E.Martadinata, Markas Komando (Mako) Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kamis (30/03/23).

Pembukaan Seminar Forum Strategi I Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 TA 2023 tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis palu sidang dari Komandan Seskoal, kepada Ketua Seminar Mayor Laut (P) Khoirul Hadi Prayitno. Dalam amanat Komandan Seskoal menyampaikan bahwa rangkaian seminar Forum Strategi yang dilaksanakan oleh Pasis pada hakikatnya adalah suatu kegiatan yang menggambarkan proses perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan pertahanan negara di laut dalam jangka waktu tertentu. Dimana proses ini dibagi dalam empat tahap seminar, yang disusun secara berurutan dan berkesinambungan serta mempunyai keterkaitan erat mulai dari Forum Strategi I sampai dengan IV.

Lebih lanjut dikatakan, guna menghadapi era millennium paradigma baru TNI sekarang ini dan jati diri TNI dituntut untuk dapat bertindak secara professional maka dengan Forum Strategi ini dapat dimanfaatkan oleh Pasis sebagai media berolah pikir dalam mengaktualisasikan kemampuan akademik melalui teori yang telah dipelajari tanpa harus terikat oleh kebijakan pemerintah yang saat ini sedangan berjalan, karena Forum Strategi ini merupakan wahana dalam proses pembelajaran terhadap calon pimpinan TNI di masa mendatang. Danseskoal juga memberikan penekanan dalam mengikuti Seminar Forum Strategi ini, Gunakan teori studi wilayah, analisis lingkungan strategi, analisis ancaman dan teori-teori strategi terkait, Laksanakan koordinasi secara kondusif dalam mengakomodasikan berbagai kemungkinan perbedaan yang akan timbul diantara sesama pasis dalam mengajukan pendapat, Lahirkan ide-ide baru, pemikiran dan gagasan yang segar dan cemerlang.

Pada sela-sela kegiatan, Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, CTMP. selaku penanggungjawab kegiatan ini menjelaskan Materi Pembahasan pada Forum Strategi I ini ialah merumuskan strategi pertahanan negara di laut untuk menghadapi ancaman potensial dalam kurun waktu lima tahun kedepan berdasarkan perkembangan lingkungan strategis (Banglingstra) global, regional dan nasional


Turut hadir pada kegiatan ini diantaranya, Wadan Seskoal Brigadir Jendral TNI (Mar) Dr. Hermanto., S.E., M.M., CSBA. Kepala Kordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han., Pejabat Utama Seskoal, Dosen Utama Seskoal dan seluruh Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler Seskoal angkatan Ke-61 TA 2023.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending