KABAR | NASIONAL

KADISPENAL MEMBERIKAN KULIAH KOMUNIKASI MASSA KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL

SKIH / ISTIMEWA

KADISPENAL MEMBERIKAN KULIAH KOMUNIKASI MASSA KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL

TNI AL Seskoal, 22 Mei 2023
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hadi Arsanta W, M.Tr. Opsla, memberikan Kuliah Umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-61 TA 2023, yang berlangsung di Kelas A Gedung R.E Martadinata Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Senin (22/05/23).

Kedatangan Kadispenal disambut hangat oleh Kepala Operasi Pengajaran (Kaopjar) Seskoal Kolonel Laut (P) Gurtom Fartianto, S.E. Kadispenal memberikan materi tentang Komunikasi Massa yaitu “Suatu Proses Pembentukan, Penyampaian, Penerimaan Dan Pengolahan Pesan Yang Terjadi Di Dalam Diri Seseorang Dan/Atau Di Antara Dua Orang Atau Lebih Dengan Tujuan Tertentu”.

Dalam perkuliahan tersebut, disampaikan juga materi tentang prasyarat kehidupan manusia. “Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Manusia dalam ilmu komunikasi disebut tindakan komunikasi.” Demikian disampaikan Kadispenal disela-sela pemberian materi perkuliahan.

Lebih lanjut Kadispenal menyampaikan bahwa definisi di atas memberikan beberapa pengertian. Pertama, komunikasi adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan. Setiap pelaku komunikasi melakukan empat tindakan membentuk, menyampaikan, menerima dan mengolah pesan. Kedua, pesan merupakan produk utama komunikasi. Ketiga, komunikasi dapat terjadi dalam diri seseorang, antara dua orang, diantara beberapa orang atau banyak orang. Keempat, komunikasi mempunyai tujuan tertentu. Artinya komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan kepentingan para pelakunya.

Kegiatan perkuliahan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh pasis, karena merupakan materi yang sangat penting. Terutama dihadapkan pada posisi dan jabatan yang akan diemban oleh para pasis setelah selesai mengikuti pendidikan di seskoal.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending