KABAR | MEGAPOLITAN

Halal Bihalal PAKARI, Bangun Jejaring Menuju Kemandirian Organisasi

SKIH / ISTIMEWA

Halal Bihalal PAKARI, Bangun Jejaring Menuju Kemandirian Organisasi

Paguyuban Keluarga Wonogiri atau yang biasa di kenal dengan nama PAKARI, pada Sabtu, 11 Mei 2024, bertempat di gedung pertemuan Lavon Land, Suvarna Tangerang, menggelar acara Halal Bi Halal 1445 Hijriah. Acara tersebut mengusung tema : "Silaturahmi, Sarana Penguat Jejaring Menuju Kemandirian PAKARI".

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Wonogiri , Pendiri PAKARI, Dewan Pakar PAKARI, Ketua Umum PAKARI beserta jajaran dan 25 Paguyuban Kecamatan Se- Wonogiri, Yuliheru SE (Sekjen) Lesna Purnawan, MM (Waketum 1) KRT Supardi Dipuro SE, (Waketum 2), Bendahara Suparno dan Mc.Tekad Sukatno S.IKom,M.Si

Disela sela acara tersebut terdapat acara pemberian merk PAKARI yang sudah terdaftar ke HAKI dari bapak Suparno Parnaraya yang di berikan kepada Ketua Umum Pakari, yang harapannya Merk tersebut bisa dikembangkan oleh Keluarga Pakari dan disaksikan oleh Wakil Bupati Wonogiri.

Ketua panitia Halal Bihalal PAKARI, Suparno Parnaraya juga berharap acara HBH PAKARI ini Bisa dimanfaatkan untuk sarana silaturahmi serta bisa memberdayakan sumber daya yang ada, dan kedepannya PAKARI bisa makin solid serta dapat dirasakan manfaatnya bagi warga Wonogiri dimanapun berada.

Atas nama panitia kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan para sesepuh PAKARI dan tokoh-tokoh Masyarakat Wonogiri yang hadir ditempat yang sederhana ini, dan kita bisa bersilaturahmi bersama untuk guyub sesama warga perantau asal Wonogiri, dimana saat itu saya sebagai anak petani di Wonogiri harus hijrah ke Jakarta, karena diusir oleh Wereng dan Walang sangit yang menghancurkan tanaman padi, sehingga saya harus bekerja keras di Jakarta. Dan bersyukur kami bisa berkontribusi membangun Wonogiri dengan pajak-pajak yang kami berikan, dan saya yakin bapak/Ibu juga telah berpartisipasi dalam membangun Wonogiri.

Hari ini kami juga membawa produk -produk berlabel Wonogiri, ini baru sebagian produk yang kita miliki, untuk itu kedepan kami berharap dukungan seluruh warga Wonogiri di daerah maupun perantauan untuk bersama meningkatkan produk dari Wonogiri ke pasar Jakarta dan sekitarnya, pinta Parno Raya.

Ketua Umum PAKARI, KRT Drs. H Leles Sudarmanto Dipuro, MM, MBA juga mengaku bersyukur bisa bersama -sama menggelar acara Halal Bihalal, kesempatan silaturahmi ini, membangun tali persaudaraan yang sangat penting, dan diharapkan saling menyatukan hati dan menjaga persatuan serta menjalankan kehidupan terbaik untuk menjalankan atau melakukan sesuatu bersama-sama untuk di surga nanti, saya kadang-kadang sedikit belajar bahasa di Google, di mana dengan banyak bersilaturahmi biar masuk surga, harapnya.

PAKARI punya sarana untuk mengembangkan diri kita dan mungkin anak-anak kita di perantauan maupun di daerah, untuk berkolaborasi menjadikan orang-orang pandai, cerdas dan bermoral, agar kita dahulu yang biasa di kampung susah, namun saat ini bisa memberikan kontribusi serta dampak positif di daerah kita Wonogiri dimaba anak-anak kita kedepan untuk menjadikan kekuatan masa depan Wonogiri, dan menjadikan luar biasa di Wonogiri.

Untuk membantu Pak Bupati yang akan datang kita bangga yang dulu makan tiwul bisa menjadikan Wonogiri luar biasa dengan mengembangkan jaringan di seluruh Indonesia, dengan konsep-konsep Pak Setyo Sukarno yang tadi dipaparkan, kedepan kita saling mengisi dan siap berkolaborasi dengan siapapun, demi kemajuan Wonogiri, tegas KRT Leles Sudarmanto Dipuro.

Sementara Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno dalam sambutannya mengatakan bahwa Index Pembangunan Manusia di Kabupaten Wonogiri saat ini posisinya lebih rendah dari Kabupaten lain di Jawa Tengah maupun secara nasional, walaupun ada peningkatan, untuk itu Pemerintah Daerah Wonogiri mendorong dengan pembangunan bidang Pendidikan dengan menggratiskan pendidikan SD dan SMP, serta memberikan beasiswa dengan anggaran 10 miliar untuk mengcover 818 mahasiswa, dengan memberikan 12 juta per tahun, termasuk di bidang kesehatan untuk cover BPJS dengan anggaran 45 miliar per tahun.

Wonogiri dengan prestasi penghasil sapi terbanyak di Jawa Tengah, maka telah dilakukan program suntik kawin sapi gratis sampai hamil, hal tersebut dalam upaya menekan pengeluaran masyarakat dalam beternak, sehingga masyarakat Sejahtera. Kondisi pertanian beberapa waktu lalu juga Terdampak elnino, sehingga petani gagal panen, dimana hasil jagung menurun hingga 50%, meskipun harga beras tinggi namun para petani memiliki jagung dengan harga 4.300 sehingga masyarakat tidak terlalu pusing dengan harga beras yang cukup mahal, karena didukung hasil jagung di Wonogiri sendiri.

Hari ini saya juga melaporkan prestasi yang diraih Kabupaten Wonogiri, kita meraih penghargaan Satya Lencana Karya Bakti kerta negara dan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, dimana Wonogiri mendapatkan nomor 2 nasional, untuk itu atas nama pemerintah daerah Wonogiri mengucapkan terima kasih, tegasnya.

Pada Pemilu dan Pilpres 2024 lalu, di Wonogiri juga sudah berjalan dengan baik dan lancar. dan pada 27 November 2024 nanti akan ada Pilkada pemilihan Gubernur Jawa Tengah maupun pemilihan Bupati Wonogiri, untuk itu kami mohon partisipasi untuk kesuksesan Pilkada di Wonogiri, dan sebagaimana ungkapan Ketua Umum Pakari maupun dewan Pembina PAKARI yang mendorong saya untuk maju sebagai Calon Bupati Wonogiri, maka kami siap menjadikan Wonogiri lebih baik lagi, dan siap maju sebagai kepala daerah di Pilkada 2024. untuk itu atas nama pribadi Kami mengucapkan terima kasih, ungkap Setyo Sukarno.

Dewan Pakar PAKARI, Laksdya TNI (Purn) Gunadi MDA juga mengapresiasi Panitia Halal Berhalal PAKARI karena Halal Bihalal setelah Lebaran itu untuk menyatukan atau mempererat Silaturahmi, Tradisi ini dahulu pertama dilakukan antara Raja dengan masyarakat, dan ini dibuatlah acara halal bihalal dan Alhamdulillah manfaatnya luar biasa, dan kita ikuti sampai sekarang, ungkapnya.

Manfaatkan Halal Bihalal banyak rekanan kita, untuk itu kami berharap mereka yang berhasil di Jakarta, hari bisa membantu apa yang kita bisa pakai untuk membesarkan Wonogiri, sebagai mantan pejabat dengan tenaga dan pemikiran juga siap mendukung pembangunan di Wonogiri, tambahnya. (Red)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending